Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Hal Tentang Meteor yang Jarang Diketahui Orang

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 15:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 23 56 1876939 4-hal-tentang-meteor-yang-jarang-diketahui-orang-ZydrVtbt4h.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Meteor bola api sempat melintasi langit malam Michigan yang menyebabkan ledakan keras dan terdaftar sebagai gempa Magnitude 2.0. American Meteor Society menerima lebih dari 350 laporan yang mencakup beberapa negara bagian tentang meteor seperti Michigan, Illinois, Ohio, Indiana, Missouri, Ontario, dan lainnya.

Dilansir dari Path.com, diperkirakan ada sekira 1.000 meteor yang terlihat per detiknya dengan kebanyakan berukuran butiran pasir. David Gerdes, seorang anggota di fakultas dengan departemen astronomi di University of Michigan mengatakan para peneliti kini akan mencoba menemukan dan mempelajari fragmen, memeriksa lintasan serta sudut yang dimasuki.

Berikut ini 4 hal tentang meteor yang jarang diketahui orang.

Meteor Berasal dari Meteorid

Menurut NASA, meteoroid adalah potongan kecil batu dan puing-puing di angkasa, kemudian menjadi meteor saat jatuh saat melalui atmosfer planet dan meninggalkan jejak karena meteor dipanaskan melalui gesekan atmosfer.

NASA juga menjelaskan bahwa ketika batu jatuh ke Bumi, hambatan udara menyebabkan meteor menjadi sangat panas sehingga apa yang dilihat seperti bintang jatuh. Garis terang yang ditimbulkan sebenarnya bukanlah batu melainkan udara panas yang bercahaya ketika batu panas menembus atmosfer.

Sementara itu, hujan meteor terjadi ketika banyak meteoroid jatuh sekaligus dan diberi nama untuk rasi di mana pancarannya berada. Misalnya, dinamakan Perseids yang merupakan berasal dari kata Perseus.


Baca juga: Fakta Mengenai Fenomena Meteor Dijelaskan Alquran dan Sains

Hujan Meteor Terlihat di Bumi Setiap 12 hari

Ada sekira 30 hujan meteor selama setahun yang dapat dilihat oleh siapapun. Beberapa hujan meteor, seperti hujan meteor Perseid yang terjadi setiap Agustus telah ada selama lebih dari satu abad ini.


Baca juga: Langit Jadi Pelindung Bumi dari Hantaman Meteor

Meteor pertama kali diamati sekira 2.000 tahun yang lalu dan didokumentasikan dalam sejarah China.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini