Terbangnya Pesawat U-2 Sebabkan Meningkatnya Laporan UFO

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Sabtu 24 Maret 2018 10:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 03 23 56 1877026 terbangnya-pesawat-u-2-sebabkan-meningkatnya-laporan-ufo-daMLD6IwsS.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Banyak benda terbang tak dikenal ditemukan oleh banyak orang sebenarnya adalah pesawat mata-mata yang terbang tinggi. Hal ini diungkapkan oleh pejabat dari Badan Intelijen Pusat AS.

Dilansir dari Space.com, pada 29 Desember para pejabat CIA mengatakan bahwa ada aktivitas tidak biasa di langit pada 1950-an. CIA dan program U-2 1954-1974 mengatakan bahwa laporan tentang pesawat mata-mata U-2 berawak Amerika Serikat ditulis oleh sejarawan dan diterbitkan pada 1998.

Pengujian ketinggian dari U-2 ternyata menyebabkan efek samping yang tak terduga, peningkatan luar biasa dalam laporan mengenai UFO. Pertengahan 1950, sebagian besar pesawat komersial terbang pada ketinggian 10.000 hingga 20.000 kaki.

Begitu pesawat U-2 mulai terbang di ketinggian yang jauh lebih tinggi, pengendali lalu lintas udara mulai menerima peningkatan jumlah laporan UFO.

Pilot maskapai penerbangan juga menulis surat kepada Unit Angkatan Udara di Wright Air Development Command di Dayton, Ohio, kelompok yang ditugasi menyelidiki fenomena UFO. Pada gilirannya, menyebabkan Blue Book Operasi Angkatan Udara mengumpulkan semua laporan penampakan UFO.

Pejabat Blue Book secara teratur meminta CIA untuk membantu para penyelidik menghilangkan sebagian besar laporan UFO. Dokumen itu menjelaskan, meskipun tidak dapat mengungkapkan kepada penulis surat penyebab sebenarnya dari penampakan UFO.

Tweet CIA telah memicu beberapa analis membantah pernyataan CIA bahwa penerbangan U-2 benar-benar menyebabkan naiknya setengah dari penampakan UFO. Satu hal yang diklaim oleh CIA UFO, ini telah menyatukan para skeptis dan pendukung UFO dalam memproklamasikannya.

Baca juga: Pesawat Tempur AS Bertemu dengan UFO?

Sheaffer menjelaskan bahwa file Project Blue Book sekarang adalah catatan publik, memungkinkan siapa pun untuk memverifikasi kapan dan di mana penampakan dilaporkan. Intinya adalah sama sekali tidak ada korelasi antara waktu dan tempat laporan UFO dan penerbangan U-2.


Baca juga: NASA Gunakan Satelit untuk Berburu Planet Asing

Pandangan serupa tentang pernyataan CIA dipegang oleh analis foto UFO Bruce Maccabee, yang menganalisis data dan menyimpulkan bahwa penjelasan CIA adalah "tidak masuk akal”. Statistik tidak membuktikan bahwa ada peningkatan besar dalam penglihatan oleh setiap segmen populasi, pilot dan pengendali lalu lintas udara termasuk pesawat U-2 yang mulai terbang.

U-2 masih terbang bertahun-tahun kemudian, meskipun kemajuan dalam teknologi pesawat robotik telah menyebabkan penyebaran drone pengawasan seperti Global Hawk di Amerika Serikat.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini