Jatuh ke Bumi 4 April, di Mana Tiangong-1 Akan Mendarat?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 23 Maret 2018 18:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 03 23 56 1877102 jatuh-ke-bumi-4-april-di-mana-tiangong-1-akan-mendarat-PKoXbnqVxF.jpg Ilustrasi Satelit (sumber : NASA.gov)

JAKARTA - Sebuah lab luar angkasa milik China yang bernama Tiangong-1 dikabarkan akan jatuh ke Bumi. Namun sayangnya, sampah luar angkasa berisi banyak materi ‘sangat beracun’ ini dikabarkan tidak terkontrol dan masih belum diketahui akan jatuh di mana.

Beberapa pihak pun kini mulai berspekulasi di mana lokasi sampah luar angkasa ini akan jatuh. Namun sebuah situs bernama Satview mengaku bahwa mereka dapat melacak Tiangong-1 secara langsung.

Baca Juga : Telur Berdiri Tegak saat Hari Tanpa Bayangan, Mitos atau Fakta?

Mengutip dari laman Daily Mail, Satview memprediksi bahwa sampah luar angkasa ini akan jatuh sekira 11 hari lagi. Ini berarti, waktu jatuhnya benda tersebut akan berlangsung pada 4 April pada pukul 09.11 UTC.

Selain memprediksi tanggal dan waktu jatuhnya Tiangong-1, Satview pun memprediksi jika ada beberapa wilayah yang berpotensi untuk menjadi lokasi jatuhnya benda tersebut. Beberapa lokasi tersebut di antaranya adalah Amerika, Jepang, China, Spanyol, dan beberapa negara lain. Untungnya, sampah luar angkasa ini tidak akan mendarat di Indonesia.

Meski demikian, para peneliti pun mengatakan bahwa lokasi tersebut masih bisa berubah secara mendadak. Pasalnya banyak hal yang akan dapat mempengaruhi lokasi jatuhnya Tiangong-1.

Baca Juga : Menanti Gerhana Bulan Total, Terulangnya Fenomena Langka 152 Tahun Lalu

Akan tetapi, beberapa pihak, termasuk Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu terlalu khawatir. Dalam sebuah postingan blog, dia menyatakan bahwa saat masuk ke lapisan atmosfer Bumi, sampah luar angkasa dengan bobot 8,5 juta ton tersebut akan hancur dan terbakar.

“Jadi, masyarakat tidak perlu cemas, namun tetap waspada. Namun demikian, jika masyarakat melihat benda jatuh dari langit jangan disentuh dan segera laporkan,” tegas Thomas. (chn)

https://www.okezone.com/tag/ruang-angkasa

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini