Ikan Unik Mempesona Terlihat di Selandia Baru

Azizah Fitria Nur Chandani, Jurnalis · Minggu 25 Maret 2018 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 23 56 1877120 ikan-unik-mempesona-terlihat-di-selandia-baru-w9M4shwMwM.jpg (Foto: Inquisitr)

JAKARTA - Salpa Maggiore terlihat dan tertangkap di pantai lepas Selandia Baru. Saat itu Stewart Fraser dan dua putranya sedang dalam perjalanan memancing. Kemudian menemukan makhluk aneh yang mengambang di air, hampir seluruh tubuhnya transparan.

Fraser juga menyampaikan bahwa ikan tersebut cukup kuat dan berisik. Siapapun yang melihatnya, ia terlihat seperti gumpalan kecil orange yang berada dalam tubuhnya. Seorang nelayan yang menemukan ikan tersebut akan mengambilnya untuk melihat bentuk tubuh, kemudian dikembalikan ke air.

Direktur National Marine Aquarium, Paul Cox mengidentifikasi makhluk misterius Salpa Maggiore yang dikenal juga sebagai Salpa Maxima. Sementara itu Salpa juga akan terlihat seperti ubur-ubur, karena Salpa Maggiore lebih erat terkait dengan vertebrata laut, termasuk ikan.

Meskipun Salpa Maggiore pada umumnya transparan, makhluk ini tetap memiliki insang dan hati. Tubuhnya terbungkus dalam struktur seperti kantung yang memiliki lubang di setiap ujungnya.

Ketika pompa air masuk dan keluar dari lubang, atau sifon, Salps didorong melalui air, filter di dalam tubuhnya menyaring air dan mengumpulkan makanan yang sebagian besar terdiri dari alga dan fitoplankton.

Seperti dilansir dari Inquisitr, Salpa Maggiore dapat tumbuh hingga 10 inci panjangnya dan sering bepergian dengan kelompok yang besar. Karena Salpa aseksual, maka ia mampu menghasilkan keturunannya sendiri unutk membentuk rantai besar.

Salpa juga menggunakan arus listrik untuk berkomunikasi dan menyinkronkan gerakannya saat bersama.

Baca juga: Dasar Laut Menyimpan Api yang Menyala, Kok Bisa?

Salpa merupakan ikan yang unik karena baik sebagai individu dan bagian dari organisme agregat. Sementara saat menjadi bagian dalam rantai, ia akan mempertahankan identitas individunya dan juga akan berfungsi sebagai organisme yang jauh lebih besar.

Baca juga: Ini Penyebab Cahaya Tak Mampu Tembus Kedalaman Laut

Penampilan transparan dari Salpa adalah bentuk dari kamuflase. Makhluk sering mengapung di sepanjang permukaan untuk memberi makan dan tidak memiliki cara untuk membela diri terhadap pemangsa.

Salpa Maggiore adalah makhluk langka yang mempesona. Ia paling sering ditemukan di perairan dingin Samudra Selatan.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini