Mozilla Bikin Fitur agar Facebook Tak 'Sedot' Data Pengguna

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 28 207 1878999 mozilla-bikin-ekstensi-blokir-facebook-yang-kumpulkan-data-pencarian-pengguna-3xrowh7ifg.jpg (Foto: Theverge)

JAKARTA - Mozilla baru-baru ini mengumumkan jika mereka telah membuat sebuah ekstensi baru bagi para pengguna yang ingin menggunakan Facebook dengan lebih nyaman. Ekstensi tersebut bernama ‘Kontainer Facebook’ dan sudah bisa diunduh mulai saat ini.

Mengutip dari laman The Verge, pihak Mozilla mengatakan jika para pengguna memasang ekstensi ini di peramban Firefox, mereka akan mengisolasi situs Facebook di sebuah tab khusus. Tab ini berfungsi mencegah dan melindungi data pengguna agar pihak Facebook tidak mengambil data pencarian pengguna.

Cara kerja dari ekstensi ini adalah pada saat pengguna mengklik tautan di dalam Facebook, maka tautan tersebut akan terbuka di tab isolasi baru. Sedangkan saat pengguna ingin membagikan sesuatu dari Facebook di situs lain, maka Firefox akan membukanya di dalam tab biru khusus.

Meskipun pihak Mozilla mengatakan fitur ini tidak akan mencegah skandal Cambridge Analytica, namun setidaknya ekstensi ini mencegah Facebook dalam melacak pengguna di luar platform-nya sendiri. Hal ini akan mengurangi risiko yang akan timbul saat Facebook berhasil membaca pola pencarian Anda di internet.

Hal ini dikarenakan selama ini, pihak Facebook telah memantau pencarian internet pengguna platform media sosial mereka. Hal ini dilakukan guna memberikan pengguna Facebook sebuah iklan yang merupakan preferensi mereka.

Selain itu, Mozilla beberapa waktu lalu juga sudah memblokir iklan dan pecak dalam mode ‘incognito’ di Firefox. Namun mereka mengatakan bahwa metode ini akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam mengakses Facebook.

Baca juga: Mozilla Update Firefox ke Versi 59, Bisa Blokir Pop-up Menyebalkan

Sekedar informasi, Mozilla merupakan salah satu perusahaan yang telah menarik iklan mereka dari Facebook. Mereka melakukan hal tersebut dikarenakan takut data dari Mozilla akan digunakan oleh pihak tak bertanggungjawab.

Baca juga: Gara-Gara Kebocoran Data, Mozilla Cabut Iklan dari Facebook

Mozilla pun berjanji, jika Facebook bisa membuktikan bahwa pengamanan mereka selanjutnya bisa mengantisipasi kebocoran data, maka Mozilla akan kembali memikirkan untuk kembali beriklan di platform tersebut. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini