nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi Vending Machine untuk Mobil Nongol di YouTube

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 01 April 2018 10:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 30 207 1880141 teknologi-vending-machine-untuk-mobil-nongol-di-youtube-TDRjxSlDbK.jpg (Foto: Redferret)

JAKARTA - Vending machine umumnya dipakai ketika membeli minuman kemasan kaleng atau makanan ringan. Jarang ditemui vending machine khusus untuk kendaraan beroda empat.

Dilansir Redferret, Jumat (30/3/2018), vending machine menjadi kenyataan yang ditunjukkan oleh Carvana, dealer online yang memungkinkan Anda mengambil mobil Anda seperti Anda akan mengambil sekantong keripik, dari mesin.

Vending machine khusus mobil ini memiliki delapan tingkat dan Anda mengakses mobil Anda dengan menjatuhkan koin ke dalam slot uang. Kemudian, mesin berputar dan membawa mobil Anda kepada Anda.

Ide mengenai vending machine mobil ini tidak hanya diungkap oleh Carvana. Alibaba, perusahaan e-commerce asal China sebelumnya diberitakan mengusung gagasan serupa.

Pada Desember 2017 dilaporkan, perusahaan berniat menjual mobil melalui vending machine raksasa. Dikatakan raksasa, karena vending machine ini berukuran besar untuk menampung beberapa mobil.

Konsep berjualannya masih sama, yakni secara otomatis membawakan mobil pilihan konsumen untuk dilakukan test drive kemudian dibeli. Untuk menggunakan mobil tersebut konsumen terlebih dahulu mesti memiliki dana kredit dari layanan Zhima atau anggota Alibaba Super Members.

Baca juga: Teknologi Vending Machine Berkembang Sejak Zaman Yunani Kuno

Sistem dalam vending machine raksasa terintegrasi dengan aplikasi di smartphone konsumen. Mereka bisa memilih mobil favoritnya dan membuat jadwal test drive. Konsumen juga akan diminta untuk mengisi informasi personal termasuk foto selfie.

Baca juga: Alibaba Mungkinkan Pelanggan Beli Mobil Pakai Vending Machine

Itu dilakukan sebagai sistem otentikasi di vending machine untuk memastikan bahwa informasi di database dan calon konsumen memiliki kesamaan. Selanjutnya konsumen akan diminta untuk memindai wajahnya saat mengambil mobil pilihan di vending machine.

Konsumen bisa melakukan test drive selama tiga hari dan melakukan test drive kembali. Jika cocok mereka bisa membeli dengan pembayaran di Taobao. Untuk melakukan test drive, konsumen hanya diberikan kesempatan sebanyak lima kali setiap bulannya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini