nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Daftar Game yang Dilarang Beredar di Berbagai Negara, Apa Saja?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 02 April 2018 15:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 02 326 1881008 daftar-game-yang-dilarang-beredar-di-berbagai-negara-apa-saja-5xkwM09anG.jpg (Foto: YouTube)

JAKARTA - Produsen game menciptakan berbagai macam jenis permainan. Ada game yang memang ditujukan untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Umumnya game-game yang ditujukan untuk orang dewasa mengusung jenis permainan kekerasan, dan unsur-unsur lainnya yang berbahaya bila dimainkan anak-anak. Berikut ini beberapa game yang dilarang di negara tertentu.

Fight of God

Game Fight of God sempat hebot dan diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada September 2017. Pasalnya game ini mengusung konsep pertarungan dengan karakter tuhan, nabi dan dewa.

Game ini dinilai berpotensi menimbulkan gesekan SARA. Kominfo juga menyebut game ini tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

God of War 2

God of War menjadi salah satu game terlarang di Arab Saudi. Meskipun demikian, masih banyak pengguna yang mampu memainkan game terlarang ini berkat selundupan.

Kemungkinan game ini terlarang karena penggunaan nama Tuhan sebagai judul. Tak hanya itu, God of War 2 juga dinilai memiliki konten pornografi.

Manhunt 2

Manhunt 2 merupakan game terlarang di berbagai negara. Pasalnya game ini dinilai brutal dan kontroversial hingga memicu emosi pengguna.

Dalam permainan, pengguna berperan sebagai seorang psikopat yang harus membunuh orang-orang dengan berbagai cara. Game ini juga menampilkan tindakan yang dinilai sadis.

Sejak game ini dirilis, Manhunt 2 mendapat penolakan hingga menjadi game terlarang di Jerman, Irlandia, Italia, Malaysia, Selandia Baru, Australia, Korea Selatan, dan Inggris.

Call of Duty: Black Ops 2

Game ini terlarang di Pakistan. Hal ini disebabkan Call of Duty: Black Ops 2 menunjukkan bahwa negara Pakistan sama dengan teroris.

Saat game ini dilarang, toko game terbesar di Islamabad mengaku belum pernah mendengar game Call of Duty: Black Ops 2. Toko lainnya menyebut beberapa kalangan tak menyukai game ini.

Battlefield 3

Game Battlefield 3 menampilkan adegan di mana tentara Amerika Serikat (AS) mengepung Teheran dan Grand Bazaar. Hal ini yang membuat Battlefield 3 dilarang di Iran pada 2011.

Larangan itu juga membuat salinan dari game Battlefield 3 diburu di setiap toko dan dimusnahkan. Game terlarang ini dinilai membuat masyarakat Iran seolah takut di mata masyarakat internasional.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini