Apple Setop Gunakan CPU Intel untuk Mac, Ada Apa?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 03 April 2018 14:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 03 207 1881428 apple-setop-gunakan-cpu-intel-untuk-mac-ada-apa-K5KVFEBVN3.jpg Ilustrasi Perangkat Apple Mac (sumber : Pexels)

JAKARTA - Apple dikabarkan akan meninggalkan Intel untuk memasok CPU bagi jajaran perangkat Mac mereka. Pemutusan pasokan CPU Intel ini kabarnya akan dilakukan secepatnya pada 2020 mendatang.

Mengutip dari laman Engadget, Selasa (3/4/2018) proses penggantian CPU Intel dengan CPU lain disebut sebagai ‘Kalamata’ oleh pihak internal Apple. Meski begitu, pembahasan mengenai perubahan ini masih ada di tahap awal.

Salah satu alasan yang membuat proses perubahan penggunaan CPU lain dikarenakan adanya masalah mengenai celah keamanan di CPU Intel (dan juga beberapa CPU lain).

Baca Juga : Prediksi Harga iPhone X Generasi Kedua Versi Analis

Hal ini sangat penting bagi perusahaan asal Cupertino tersebut dikarenakan mereka menyebut diri mereka sebagai perusahaan dengan keamanan yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mereka tidak mau mentolerir adanya celah keamanan sedikitpun di perangkat mereka.

Lantas, CPU apa yang akan menggantikan Intel? Ternyata, beredar kabar jika Apple akan menggunakan CPU besutan mereka sendiri. Pasalnya dalam beberapa tahun ini, mereka telah sukses membenamkan CPU besutan mereka, seperti A8 di beberapa produk laptop dan desktop mereka.

Jika menilik beberapa generasi CPU mobile milik Apple, kemampuan CPU mereka memang bisa dibilang lebih superior jika dibandingkan dengan para pesaingnya. Namun hingga saat ini belum pernah ada kabar yang menyebut jika Apple sedang melakukan pengembangan CPU untuk desktop.

Baca Juga : Apple Serius Garap Penerus iPhone X dengan Banderol Murah?

Sayangnya, pihak Apple pun menolak untuk memberikan komentar mereka terkait hal ini.

Sekedar informasi, Apple telah menggunakan CPU milik Intel untuk perangkat desktop dan laptop mereka semenjak 2005. Kala itu, Steve Jobs mengumumkan hal tersebut pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2005.

Sedangkan generasi lawas dari produk desktop dan laptop milik Apple kebanyakan menggunakan CPU milik Motorola. Mereka juga pernah menggunakan CPU PowerPC di beberapa perangkat mereka yang diluncurkan awal 1990-an. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini