nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Update Google Assistant Dukung Bahasa Indonesia untuk Android dan iOS

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 03 April 2018 17:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 03 207 1881462 update-google-assistant-dukung-bahasa-indonesia-untuk-android-dan-ios-IQQJIZkMxC.jpg Google (techcrunch.com)

JAKARTA - Google secara resmi telah membawa dukungan bahasa Indonesia ke dalam aplikasi Google Assistant mereka. Hal ini membuat masyarakat Indonesia bisa bercakap-cakap dengan Google Assistant menggunakan bahasa Indonesia.

Untuk menggunakan fitur ini, para pengguna diwajibkan untuk memperbarui aplikasi Google mereka. Selain itu, asisten berbahasa Indonesia ini minimal butuh Android 5.0 Lollipop atau iOS 9.1 untuk perangkat Apple.

Setelah itu, buka aplikasi ini baik dengan mengklik ikon Google atau dengan menekan tombol Home selama beberapa detik.

Baca Juga : Cloudflare Rilis Layanan DNS Baru, Lebih Kencang dari DNS Google

Jika pengaturan dari aplikasi ini masih berbahasa Inggris, pengguna bisa mengubahnya dengan mudah. Caranya tinggal buka menu Setting, lalu pilih menu Bahasa Penelusuran. Setelah itu pilih Bahasa Indonesia.

“Asisten Google dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan di Allo pada Agustus 2017. Kini dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas pengguna,” ujar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami dalam keterangan yang diterima Okezone.

Penggunaan dari aplikasi terbaru ini pun ternyata sangat beragam. Bukan sekedar hanya mencari sesuatu dengan menggunakan suara saja, namun Google Assistant dapat melakukan beberapa perintah yang cukup spesifik.

Baca Juga : Sadarkah Anda, Ini 10 Data yang "Diambil" Google dari Kita Setiap Saat

“Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna. Aktivitas tersebut mulai dari memasang alarm, menyetel pengingat, memutar musik di YouTube, mendapatkan petunjuk arah dari Google Maps dan lain-lain,” jelas Veronica.

Selain menerima perintah-perintah standar di atas, Google Assistant ternyata juga sudah terintegrasi ke beberapa aplikasi. Beberapa contohnya seperti game Tebak Gambar, membaca hot thread Kaskus, berbincang dengan Vira dari Bank BCA, hingga mendengar ayat Al-Quran dengan menggunakan aplikasi Al-Qolam.

Tak luput juga, para pengguna pun bisa menambahkan perintah spesifik lain yang dapat di konfigurasi secara manual. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini