5 Aplikasi yang Banyak Menyedot Kuota Internet Anda

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Rabu 04 April 2018 10:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 03 326 1881649 5-aplikasi-yang-banyak-menyedot-kuota-internet-anda-zTXG4Uvkty.jpg Ilustrasi Aplikasi Android (sumber : pexels)

JAKARTA - Dewasa ini, banyak pengguna smartphone yang mengeluhkan jika kuota mereka cepat sekali habis. Tentu saja, hal ini bukan hal yang menyenangkan dikarenakan jaringan internet merupakan hal utama di zaman serba digital saat ini.

Ternyata, ada beberapa alasan mengapa kuota Anda bisa cepat terkuras. Salah satunya adalah aplikasi yang ternyata memakan kuota Anda secara signifikan secara terus menerus tanpa disadari.

Pada kesempatan kali ini Okezone akan membahas mengenai 5 aplikasi yang ternyata menyedot banyak kuota Anda. So, tanpa berlama lagi inilah 5 aplikasi yang menyedot kuota Anda, seperti dirangkum dari laman CNET berikut ini.


Facebook

Aplikasi pertama yang ternyata banyak menguras kuota Anda adalah Facebook. Hal ini dikarenakan di dalam media sosial tersebut, terdapat banyak konten yang di-posting oleh penggunanya.

Namun, yang paling boros adalah fitur autoplay dari postingan video yang dilakukan oleh para penggunanya. Untuk mengatasinya, Anda tinggal ke pengaturan dan cek bagian auto play di pengaturan konten.

Baca Juga : Riset: Layar Besar Bikin Pengguna Sering Menatap Layar Smartphone

YouTube

Siapa sih yang tidak kenal dengan YouTube? Ya aplikasi ini merupakan aplikasi populer untuk berbagi video. Konten yang disediakan juga beragam, sehingga penggunanya kadang-kadang lupa waktu dan kuota dalam menyaksikan sebuah tayangan.

Untuk menghemat kuota, ada beberapa cara. Yang pertama adalah mengurangi kualitas video dari acara yang sedang ditonton. Lebih baik lagi jika Anda mengunduh video tersebut dengan menggunakan WiFi untuk ditonton di lain waktu.

Instagram

Satu lagi aplikasi media sosial yang ternyata menyedot kuota Anda secara berlebih adalah Instagram. Hal ini dianggap wajar karena media sosial tersebut memang mengandalkan foto sebagai media postingan penggunanya.

Apa lagi, kini konten video semakin marak di Instagram. Tentu saja, hal ini menambah boros pemakaian kuota para pengguna media sosial mereka.

Untuk mengakali hal ini, di pengaturan terdapat pilihan untuk tidak memutar video secara otomatis. Dengan mengaktifkan pemilihan ini, setidaknya akan membantu sedikit mengurangi penggunaan data Anda.

 

Spotify

Jika Anda sering mendengarkan musik melalui Spotify, mungkin saja kuota Anda habis dari menggunakan aplikasi tersebut. Pasalnya, untuk mendengarkan satu lagu, pengguna akan dibebankan setidaknya 3MB data per lagu.

Baca Juga : 5 Smartphone dengan Harga Termahal di Dunia, Berminat?

Cara mengakalinya adalah dengan mendaftarkan paket premium, di mana Anda bisa mendengarkannya secara offline. Namun, jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang ekstra, jalan keluarnya adalah dengan menurunkan kualitas lagu yang akan didengarkan.

Twitter

Aplikasi terakhir yang mungkin menguras habis kuota Anda mungkin saja Twitter. Pasalnya, seperti Facebook dan Instagram, video yang tampil di aplikasi Twitter langsung terputar secara otomatis.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini