nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Merawat Kamera Smartphone untuk Ciptakan Foto Bokeh Terbaik

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 04 April 2018 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 04 92 1881994 cara-merawat-kamera-smartphone-untuk-ciptakan-foto-bokeh-terbaik-sn1DBpdWTJ.jpg Ilustrasi foto bokeh (Foto: Cnet)

JAKARTA - Mengambil foto dengan kamera smartphone menjadi suatu hal yang sederhana. Akan tetapi, orang sering lupa cara merawat perangkat kesayangannya, sehingga jadi tidak awet.

Selain itu, jika kamera ponsel terawat dengan baik, Anda bisa mendapatkan hasil gambar yang baik, termasuk memungkinkan untuk menciptakan karya foto bokeh terbaik. Jadi, tak perlu lagi menenteng kamera profesional yang merepotkan.

Sebab, setiap orang saat ini dimanjakan dengan banyak tipe kamera smartphone paling mutakhir. Sehingga, dengan mudahnya mengambil gambar dalam momen apapun.

Bahkan, para fotografer profesional kini mulai beralih menggunakan kamera smartphone dibandingkan kamera DSLR. Selain sederhana, pengguna bisa menangkap momen yang terjadi dengan mudah.

Tentunya, dalam merawat kamera smartphone itu juga harus telaten, sama halnya dengan kamera profesional. Caranya sebenarnya tak sulit diterapkan jika sudah terbiasa.

Dalam media workshop bersama Samsung Galaxy S9 dan S9+ di Lombok NTB, fotografer profesional Putri Anindya berbagi tips untuk merawat kamera smartphone yang Anda miliki agar tetap awet, serta bisa hasilkan gambar bokeh.

Sering Bersihkan Lensa

Perempuan yang akrab disapa Puan itu mengatakan, saat ini banyak lensa kamera smartphone yang mumpuni. Jadi, sangat sederhana di bawa kemana-mana dan mudah menangkap momen apa saja.

Agar hasil gambar bagus, Anda harus sering membersihkan lensa dan pelindungnya. Caranya cukup mengelap dengan kain katun atau lebih aman memakai cairan pembersih lensa, saat kamera mendapatkan hasil gambar yang mulai buram.


Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Anda Hasilkan Foto Bokeh di Android

Jangan Letakan Smartphone Sembarangan

Pengguna smartphone yang tidak telaten sangat jarang hati-hati dalam merawat. Anda selalu sembarangan meletakkan benda itu, menyimpan dengan benda lain saat menaruhnya dalam tas, serta kesalahan lainnya yang tidak disadari.


Baca juga: Tips Bikin Kamera Bokeh via Aplikasi PicsArt

Padahal jangan simpan atau meletakkan gawai di tempat sembarang. Bila demikian, risikonya lebih cepat membuat casing terkikis atau lensa kamera bisa lecet.

Perhatikan Perbedaan Temperatur

Sekalipun menggunakan lensa kamera smartphone, Anda harus tetap memerhatikan temperaturnya. Jangan menggunakan smartphone di tempat yang terlalu panas, lalu cepat berpindah di ruangan dingin dengan suhu ekstrem.

Dampaknya bisa membuat lensa berembun dan mengurangi sensitivitasnya.

Hindari Air Laut

Menghabiskan waktu santai di tepi pantai memang asyik. Apalagi kalau memotret pemandangan dengan lensa kamera smartphone. Saking asyiknya, orang jadi lupa dengan keamanan dalam menjaga benda itu. Padahal korosi dari air laut bisa membahayakan kondisi lensa kamera normal, tetapi ini jarang disadari.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini