Menkominfo Ungkap Cara Kebocoran Data 1 Juta Pengguna Facebook Indonesia

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 20:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 05 207 1882731 menkominfo-ungkap-cara-kebocoran-data-1-juta-pengguna-facebook-indonesia-Fq8xO5kLxH.jpg Menkominfo Rudiantara (Foto: Okezone)

JAKARTA - Belakangan ini, berita mengenai penyalahgunaan data pengguna Facebook oleh Cambridge Analictica menjadi pembicaraan masyarakat dunia. Pasalnya, data tersebut digunakan untuk kepentingan seseorang atau golongan tertentu.

Namun, banyak orang yang mempertanyakan bagaimana cara Cambridge Analictica bisa mendapatkan data tersebut. Dalam sebuah kesempatan, Menkominfo Rudiantara memiliki pemikirannya sendiri terhadapa apa yang terjadi.

“Jadi menurut saya, Facebook ini melakukan kerja sama dengan Cambridge Analictica. Kemudian, mereka membuat sebuah kuis soal tes kepribadian,” ujar Rudiantara saat ditemui wartawan di depan kantor Kominfo, Kamis (5/4/2018) sore.

Kemudian, Rudiantara melanjutkan bahwa dari kerja sama ini, pihak Cambridge Analictica mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Baca juga: Data 1 Juta Pelanggan Bocor, Ini Hasil Pertemuan Menkominfo & Facebook Indonesia

“Nah sehabis itu harusnya kan dihapus. Kemungkinan si Cambridge Analictica ini tidak menghapusnya, kemudian data inilah yang disalahgunakan oleh mereka,” lanjutnya.

Sebenarnya, pihak Cambridge Analictica mengaku jika mereka sudah menghapus data tersebut. Namun, banyak pihak yang ternyata tidak mempercayainya.

Rudiantara pun dalam pertemuannya dengan pihak Facebook meminta mereka untuk melakukan audit terkait aplikasi apa saja yang ternyata mengkoleksi data pribadi penggunanya.

Baca juga: Menkominfo Rudiantara Panggil Perwakilan Facebook Sore Ini

Selain itu, Rudiantara juga meminta Facebook untuk mencari data apa saja yang digunakan dalam kasus ini.

Pihak Facebook sendiri melalui Public Policy Lead Facebook Indonesian Ruben Hattari mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan audit. Namun, dia tidak bisa memastikan kapan hasil audit ini akan selesai. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini