Apple Kembangkan Teknologi Layar Lengkung untuk iPhone Selanjutnya

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Kamis 05 April 2018 14:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 05 57 1882420 apple-kembangkan-teknologi-layar-lengkung-untuk-iphone-selanjutnya-1q0QFIx3tT.png Apple iPhone X (Sumber : Apple.com)

JAKARTA - Tak dapat dipungkiri jika Apple dengan iPhone X mereka kini menjadi pemimpin dari desain smartphone dunia. Betapa tidak, desain ‘jidat hitam’ yang awalnya sebuah kontroversi kini menjadi tren yang diikuti vendor lain.

Namun seperti biasa, mereka ingin terus membawa perubahan kepada perangkat mereka. Oleh karena itu, perusahaan asal Cupertino tersebut dikabarkan tengah mengembangkan dua teknologi baru untuk produk iPhone mereka ke depannya.

Kedua fitur tersebut adalah tampilan layar melengkung dan kontrol gerakan tanpa sentuh. Keduanya kini dirumorkan sudah masuk di tahap awal penelitian dan pengembangan. Hal ini membuat kedua teknologi itu diharapkan akan datang dalam beberapa tahun mendatang.

Baca Juga : Kepala Pengembang AI Google Pindah ke Apple, Ada Apa?

Seperti mengutip dari laman Ubergizmo, Kamis (5/4/2018), sebenarnya kedua teknologi ini bukan hal yang baru di industri smartphone. Contohnya, teknologi layar lengkung sebenarnya sudah dimiliki Samsung dan telah dipakai di beberapa perangkat mereka setidaknya selama empat tahun belakangan ini.

Namun ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa layar lengkung iPhone akan menutupi seluruh bagian depan, termasuk di bagian tepi kiri kanan dan juga bagian atas dan bawah layar.

Selain itu, teknologi kontrol gerakan tanpa sentuh juga sudah ditawarkan oleh Samsung melalui teknologi Air Gesture. Fitur ini bahkan sudah diperkenalkan lima tahun lalu, saat mereka memperkenalkan Galaxy S4.

Baca Juga : Apple Setop Gunakan CPU Intel untuk Mac, Ada Apa?

Namun pihak Apple nampaknya akan membawa sesuatu yang berbeda dengan Samsung dalam mengembangkan teknologi kontrol gerakan tanpa sentuh. Mereka akan menggunakan piranti lunak mirip dengan teknologi 3D Touch, yang kini sudah terdapat di perangkat mereka. Sayangnya, pihak Apple pun bungkam mengenai pengembangan teknologi tersebut.

Sekadar informasi, saat muncul pertama kali pada 2007 silam, iPhone menjadi pemimpin dari teknologi smartphone. Perangkat tersebut memiliki fitur yang sebelumnya sangat jarang digunakan, yakni terdapat dua teknologi jaringan, yakni WiFi dan seluler di sebuah perangkat.

Selain itu, iPhone juga membawa standar bahwa smartphone harus memiliki kemampuan merekam video, melakukan petunjuk jalan menggunakan GPS, mengambil foto, mendengarkan musik, serta kemampuan ponsel standar seperti melakukan panggilan dan juga mengirim dan menerima pesan. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini