Bukan Asteroid, Bunga Jadi Awal Kepunahan Dinosaurus?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 06:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 06 56 1883249 bukan-asteroid-bunga-jadi-awal-kepunahan-dinosaurus-sH5LAGm0DL.jpg Ilustrasi Dinosaurus (Sumber : CNET)

JAKARTA - Banyak teori menyatakan jika jatuhnya asteroid merupakan salah satu alasan mengapa dinosaurus punah. Namun, menurut sebuah studi terbaru menyatakan bahwa asteroid bukan satu-satunya alasan dinosaurus punah.

Adalah Gordon Gallup, seorang profesor dari University of Albany yang ternyata mempelajari hal tersebut. Dalam studinya, dia mengatakan bahwa munculnya tanaman berbunga yang mengawali kepunahan Dinosaurus.

Dalam jurnal bernama Ideas in Ecology and Evolution, Gordon meyakini bahwa dinosaurus mungkin saja terlalu lambat dalam berevolusi untuk mempelajari rasa dari sebuah makanan. Oleh karena itu, banyak dinosaurus yang mati dikarenakan mengonsumsi bunga beracun.

Baca Juga : Fosil Dinosaurus Pertama Kali Ditemukan pada 1677, Seperti Apa?

"Meskipun asteroid berperan besar dalam kemusnahan dinosaurus, tetapi ketidakmampuan dinosaurus untuk bertahan diri terhadap sejumlah tanaman beracun menjadi penyebab awal banyaknya kematian pada spesies tersebut," jelas Gordon seperti dikutip dari CNET, Jumat (6/4/2018).

Hal ini terungkap pada saat dia melakukan riset dengan mantan muridnya yang bernama Michael J. Frederick. Mereka melakukan riset terhadap beberapa fosil dinosaurus dengan beberapa dinosaurus berbeda.

Dari penelitian tersebut, mereka menemukan beberapa sisa tumbuhan beracun pada beberapa fosil yang ada. Kebanyakan, sisa tumbuhan ini terdapat pada dinosaurus pemakan tumbuhan.

Baca Juga : Fosil Berusia 435 Juta Tahun Bertahan dari Masa Kepunahan Dinosaurus

Tak luput juga kedua peneliti ini mempelajari spesies burung dan buaya yang dianggap sebagai keturunan dinosaurus. Mereka berusaha menemukan apakah mereka memiliki kemampuan dalam mempelajari makanan yang mengandung racun.

Sebagai hasil, mereka menemukan jika burung-burung yang mereka teliti dapat menghindari benda-benda yang berpotensi berbahaya, dengan mengamati secara visual. Sedangkan buaya tidak memperdulikan potensi tersebut, layaknya para nenek moyang mereka.

Sekedar informasi, Katarina Milijkovic dari Institue of Earth Physics, Paris, Prancis telah memimpin sebuah studi yang menemukan jika dinosaurus punah dikarenakan dua asteroid, bukan karena satu asteroid. Kedua asteroid tersebut jatuh di daerah bernama Chicxulub di Meksiko. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini