nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor, Agus Sudibyo: Mereka Bisa Jual Data Kita

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 14:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 07 207 1883485 data-pengguna-facebook-indonesia-bocor-agus-sudibyo-mereka-bisa-jual-data-kita-ehwdaswqr4.jpg Diskusi Polemik di Jakarta (Foto: Harits T/okezone)

JAKARTA - Direktur Indonesia New Media Watch Agus Sudibyo mengatakan, saat ini Indonesia hanya fokus terhadap pemberantasan hoax atau berita bohong di media sosial (Medsos). Padahal, medsos sangat rentan di mata-matai dan siapapun bisa mengetahui aktivitas seseorang.

"Melalui medsos, aktivitas kita selalu di mata-matai oleh perusahaan media sosial tersebut secara online. Contohnya kalau menggunakan google oleh perusahaan google, serta kalau main facebook ya juga diawasi facebook,” kata Agus dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Fm bertema “Maling Facebook” di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).

Agus menjelaskan, bahwa perusahaan media sosial tersebut bisa saja menjual data-data pribadi para penggunanya dan tidak bertanggung jawab apabila ada persoalan hukum. "Mereka bisa menjual data-data kita kepada siapa saja,” papar dia.

Baca juga: Data 1 Juta Pengguna Bocor, Facebook Diberi Sanksi Lisan

Oleh karenanya, ia pun menilai adanya kasus kebocoran data oleh Facebook ini merupakan sebuah momentum bagi para pengguna medsos untuk menjaga data privasi dan tidak terlalu mengekspoloitasi berlebihan. “Ini momentum di mana harus hati-hati menggunakan internet dan medsos, ketika aktif anda sedang di mata-matai,” jelas dia.

Sebelumnya diketahui, Kepala Teknologi Facebook Mike Schroepfer mengungkapkan, sekira 87 juta data pengguna media sosial buatan Mark Zuckerberg itu dibocorkan ke Cambridge Analytica. Dari angka itu, ada sekira sejutaan data Facebooker Indonesia yang bocor ke lembaga riset asal Inggris itu.

Baca juga: Data 1 Juta Bocor, Facebook Akan Notifikasi Akun yang Jadi Korban Mulai 9 April

Bahkan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara juga telah mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk melakukan puasa menggunakan Facebook.

Selain untuk menyambut bulan puasa yang sebentar lagi akan datang, namun juga dilakukan untuk menjaga keamanan data mereka. “Kalau memang tak penting-penting amat, tak usah pakai media sosial dulu. Tunggu seluruhnya rapi kembali,” ujar Rudiantara.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini