Video Uji Coba Pesawat Antariksa Virgin Galactic Nongol di YouTube

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 07 April 2018 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 07 56 1883411 video-uji-coba-pesawat-antariksa-virgin-galactic-nongol-di-youtube-D5Im0nDppH.jpg (Foto: Virgin Galactic)

JAKARTA - Virgin Galactic baru-baru ini menguji pesawat antariksa yang diperuntukkan untuk perjalanan ke luar angkasa secara komersial. Foto-foto pesawat antariksa itu telah beredar di internet dan videonya diunggah ke YouTube.

Menyasar sebagai perusahaan pesawat terbang luar angkasa komersial pertama dunia, Virgin Galactic menjajal pesawat SpaceShipTwo mereka, yakni VSS Unity pada Kamis.

Penerbangan ini menandai uji pertama sejak kecelakaan fatal yang terjadi pada 2014. Ketika itu, pilot tewas dan SS2 yang diuji hancur.

Pesawat luar angkasa yang bisa dipakai ulang dirancang untuk membawa dua pilot dan hingga enam penumpang atau muatan riset ke luar angkasa. Perusahaan menyebut bahwa SS2 menandakan akses transformasi menuju luar angkasa untuk pelanggan dan riset.

"Terima kasih untuk desain inovatif mereka, kendaraan kami dibangun untuk peningkatan dramatis frekuensi dan keamanan penerbangan luar angkasa," kata perusahaan.

VSS Unity terbang pada pukul 08.02 di atas Mojave dengan pilot Mark "Forger" Stucky dan Dave Mackay, yang ditempatkan ke pesawat pengangkut WhiteKnightTwo, VMS Eve yang dikendalikan oleh Mike Masucci dan Nicola Pecile.

Penerbangan di bagi dalam beberapa tahap. Ketika sudah terlepas dari Eve, Unity meluncur pada ketinggian hingga 84.271 kaki sebelum kembali menuju Bumi.

"Peluncuran menghasilkan data berharga pada penerbangan, motor, dan performa mesin di mana teknisi kami akan me-review," kata Virgin Galactic.

Baca juga: Dapat Suntikan Rp13,6 Triliun, Wisata Luar Angkasa Bakal Jadi Kenyataan?

"Ini juga menandai momen kunci untuk program uji terbang, memasuki fase menarik penerbangan dan ekspansi ke roket berdurasi penuh. Sementara kami merayakan pencapaian itu, tim tetap fokus pada tugas-tugas menantang yang masih terbentang di depan," jelas perusahaan.

Baca juga: Daftar Perusahaan Teknologi Luar Angkasa Paling Inovatif

Menurut Virgin Galactic, penumpang mengapung dalam gravitasi nol selama beberapa menit selama penerbangan, dan "mengalami pemandangan luar biasa dari Bumi dari langit hitam angkasa," dari sekira 62 mil (100 kilometer) di atas Bumi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini