Ilmuwan Panen Sayuran Segar Pertama di Antartika

Agregasi Minggu 08 April 2018 10:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 07 56 1883419 ilmuwan-panen-sayuran-segar-pertama-di-antartika-iE8g82Vkud.jpg (Foto: DLR German Aerospace Center)

JAKARTA - Para ilmuwan Jerman di Antartika berhasil memanen tanaman sayuran pertama yang ditanam tanpa tanah atau cahaya.

Para peneliti di Stasiun Neumayer Jerman memanen 3,6 kilogram sayuran selada, 18 ketimun dan 70 lobak yang ditanam di rumah kaca eksperimen. Pada saat ditanam, suhu di luar rumah kaca mencapai di bawah minus 20 derajat Celcius dan matahari hampir tidak tampak di cakrawala.

Eksperimen itu untuk menunjukkan cara memberi astronot makanan segar di ruang angkasa dan juga mengatasi kekurangan sayuran di kawasan yang beriklim keras.

Pusat Antariksa Jerman DLR, yang mengoordinasi proyek tersebut, mengatakan, Kamis (5/4), bahwa menjelang Mei para ilmuwan berharap dapat memanen 4 sampai 5 kilogram buah-buahan dan sayuran per minggu.

Baca juga: Astronot Tanam Sayuran di Luar Angkasa, Bisakah?

Badan Antariksa Amerika NASA sebelum ini telah berhasil menanam sayuran di Stasiun Antariksa Internasional, tetapi proyek Jerman itu akan menghasilkan lebih banyak jenis buah dan sayuran.

Baca juga: NASA Kembangkan Makanan Batangan untuk Misi Mars

Sejauh ini mereka telah berhasil menanam dan menumbuhkan lobak, selada, tomat, mentimun, cabai dan rempah-rempah termasuk basil, peterseli, bawang putih dan daun ketumbar.

"Kita harus sabar menanam buah stroberi. Kami masih menunggu hasil penaburan benih yang sukses," kata manajer proyek DLR, Daniel Schubert.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini