nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tim Kurator YouTube Turun Tangan Cegah Konten Negatif untuk Anak-Anak

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Minggu 08 April 2018 14:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 08 207 1883733 tim-kurator-youtube-turun-tangan-cegah-konten-negatif-untuk-anak-anak-g2BtbdIJ0e.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Selama beberapa bulan terakhir, YouTube dianggap sebagai tempat yang tidak cocok untuk anak-anak, bahkan dengan fitur filter sekalipun. YouTube dinilai berpura-pura menjadi konten yang ramah keluarga dan juga menampilkan teori konspirasi yang dapat diakses oleh anak-anak.

Dilansir Engadget, Minggu (8/4/2018), menurut BuzzFeed, platform ini berencana untuk mengambil pendekatan yang lebih langsung ke depan dengan merilis versi baru dari aplikasi anak-anak, yang hanya menampilkan video dan saluran yang dipilih oleh tim kurator YouTube.

Situs berbagi video ini mencoba untuk membersihkan situs web dan telah menarik ratusan ribu video dan komentar yang mengeksploitasi anak. Namun, jika algoritmanya masih merekomendasikan teori konspirasi (termasuk Bumi datar dan pendaratan di bulan palsu) dan mengganggu video untuk anak-anak, maka upaya pembersihannya akan sia-sia.

Akan tetapi, langkah YouTube untuk menampilkan konten pilihan oleh tim kurator patut diapresiasi. Aplikasi yang hanya menampilkan konten yang dikurasi dapat meyakinkan orang tua bahwa anak-anak mereka tidak akan menemukan sesuatu yang tidak pantas.

YouTube akan memberi orangtua kebebasan untuk memilih. BuzzFeed mengatakan mereka akan dapat beralih antara versi standar aplikasi dengan video yang direkomendasikan secara algoritma dan versi yang dikurasi.

Platform tidak mengonfirmasi atau membantah laporan itu, tetapi sumber-sumber publikasi mengatakan versi aplikasi 'daftar putih' ini bisa tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

Pada Maret 2018 dilaporkan, YouTube Kids merupakan layanan platform video yang diperuntukkan untuk anak-anak. Meskipun demikian, video yang disajikan tampaknya belum sepenuhnya aman dari konten yang dinikmati oleh anak-anak.

Baca juga: Fitur Night Mode YouTube Sambangi iOS, Android Menyusul

Digitaltrends mengungkap, YouTube Kids telah mendapat kecaman karena mengizinkan kartun kekerasan dan tidak pantas yang muncul di platform. Business Insider melaporkan bahwa YouTube Kids menghadapi masalah konten dengan jenis lain dengan menyarankan video yang melibatkan teori konspirasi kepada anak-anak.

Baca juga: Teori Konspirasi Muncul di YouTube Kids, Kok Bisa?

Misalnya, istilah pencarian "UFO" membawa banyak video tentang mainan, yang sepenuhnya berada dalam lingkup YouTube Kids. Akan tetapi, salah satu video teratas menggambarkan dugaan UFO dengan jejak 'chemtrails' di belakangnya.

Video yang disarankan juga menampilkan beberapa video yang dipandu oleh teori konspirasi David Icke.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini