nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Google Bagikan 1.000 Beasiswa Khusus Mahasiswa dan Dosen

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 17:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 10 207 1884730 google-bagikan-1-000-beasiswa-khusus-mahasiswa-dan-dosen-nEbPgjPU5R.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Google baru saja mengumumkan jika mereka akan membagikan 1.000 beasiswa bagi mahasiswa dan dosen di seluruh Indonesia. Namun, program kali ini secara khusus dibagikan bagi mereka yang ada di bidang Android app development.

Program ini sendiri merupakan realisasi janji CEO Google Sundar Pichai kepada Presiden Joko Widodo. Hal ini terjadi saat Presiden Jokowi berkunjung pada Februari 2016 ke Silicon Valley.

Kala itu, Pichai berjanji untuk melatih sekira 100 ribu pengembang aplikasi untuk menjadi pengembang aplikasi Android andal di Indonesia. Target ini sendiri diharapkan akan terealisasi paling lambat pada 2020.

Untuk melaksanakan program beasiswa ini, pihak Google pun menggandeng Dicoding. Dicoding sendiri merupakan platform penghubung app developer di Indonesia, yang kini sudah memiliki lebih dari 80.000 anggota.

Mengutip dari laman blog resmi Google, Selasa (10/4/2018), para peserta beasiswa akan mengikuti rangkaian 90 hari dalam menyelesaikan program picodiploma. Setidaknya, para peserta akan mengikuti pelajaran melalui 125 modul, 35 video dan 24 kuis.

Dalam modul ini, para peserta akan diajari berbagai kemampuan. Mulai dari Testing, Debugging, Application, Application UX, Fundamental Application Components, Persistent Data Storage, hingga Enhanced System Integration akan dipelajari oleh mereka.

Setelah lulus, para peserta berhak mendapatkan Picodiploma yang akan diberikan oleh Dicoding. Sertifikat ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi para peserta saat mereka akan melakukan lamaran kerja.

Baca juga: Google Caplok Perusahaan GIF yang Hampir Bikin WhatsApp Diblokir di Indonesia

Selain untuk merealisasikan janji, perusahaan mesin pencari terbesar tersebut menjelaskan pemberian beasiswa ini ditujukan untuk memajukan perekonomian digital di Indonesia. Menurut mereka, dengan penetrasi internet melampaui 50 persen dari penduduk Indonesia dan terdapat 120 juta pengguna aktif ponsel, langkah ini wajib dilakukan.

Baca juga: Update Google Assistant Dukung Bahasa Indonesia untuk Android dan iOS

Di tambah lagi, menurut mereka komunitas adalah salah satu cara paling efektif untuk mendidik calon app developer bertalenta. Oleh karenanya, Google berharap dengan adanya program ini, akan muncul para pengembang aplikasi andal di Indonesia. (chn)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini