PUBG Corp Layangkan Tuntutan ke NetEase, Ada Apa?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 14:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 10 326 1884593 pubg-corp-layangkan-tuntutan-ke-netease-ada-apa-uDcLVnpfM7.jpg (Foto: Gadgets.ndtv)

JAKARTA - PUBG Corp dikabarkan pada akhirnya melayangkan tuntutan terhadap NetEase. Tuntutan ini dilayangkan oleh mereka terkait dengan dugaan adanya upaya menyontek konsep game mereka, yakni PUBG Mobile.

PUBG Corp melayangkan tuntutan hukum ini lewat Pengadilan Distrik California Utara pada beberapa waktu lalu. Upaya ini dilakukan setelah protes yang dilayangkan kepada NetEase di akhir Januari, dibalas dengan bantahan.

Dalam tuntutannya, PUBG Corp menilai Rules of Survival dan Knives Out menjiplak konsep dan ciri khas PUBG. Hal tersebut adalah konsep battle royale, di mana gamer harus melawan musuh dan siapa saja yang hidup hingga akhir permainan jadi pemenangnya.

Oleh karenanya, Pihak PUBG Corp pun melayangkan sekira 25 paten PUBG yang dijiplak oleh kedua game besutan NetEase tersebut. Mulai dari gameplay, senjata khas PUBG yang berupa wajan, bahkan istilah momen kemenangan ala PUBG masuk dalam tuntutan.

Tak ketinggalan mereka juga mengklaim jika gameplay dari kedua game tersebut benar-benar tidak ada bedanya dengan PUBG. Jadi tak heran, PUBG Corp sangat serius dalam mengajukan tuntutannya.

Sebenarnya, dalam tuntutan ini terlihat ada sedikit kekhawatiran dari pihak PUBG Corp. Mengutip dari laman Ars Technica, Selasa (10/4/2018), hal ini dikarenakan kedua game bergenre battle royale tersebut sudah meraja lela di perangkat mobile.

Sedangkan PUBG Mobile baru diluncurkan oleh PUBG Corp pada akhir bulan lalu. Tentu saja, hal ini merupakan masalah serius dikarenakan baik Rules of Survival dan Knives Out sudah memiliki basis pemain yang sangat banyak.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui bagaimana tanggapan NetEase. Mereka masih belum memberikan tanggapan mengenai hal tersebut.

Baca juga: Game PUBG Tambah Respawns di Modus Perang Baru

Sekedar informasi, game PUBG merupakan salah satu game battle royale populer di perangkat PC dan konsol. Semenjak diluncurkan pada tahun lalu, game ini mendapatkan respon yang baik dari para pecinta game FPS.

Baca juga: 4 Game Battle Royale Seru Selain PUBG

Namun, mereka sedikit terlambat dalam membawa versi mobile dari game tersebut untuk dinikmati para gamer di seluruh dunia. Padahal versi mobile dari game ini sudah beredar khusus di China semenjak awal 2018. (chn)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini