Fakta Sains Harimau yang Jarang Diketahui Orang

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Rabu 11 April 2018 10:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 11 56 1884951 fakta-sains-harimau-yang-jarang-diketahui-orang-XVzRs87xWL.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Harimau merupakan hewan mamalia yang memiliki corak bulu yang khas. Hewan pemakan daging ini memiliki kemampuan spesial, seperti diungkap dalam buku ‘Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia’.

Penglihatan

Pupil harimau bulat, tidak seperti pupil kucing yang seperti garis lurus di siang hari. In menunjukkan bahwa harimau bukan hewan nokturnal atau pemburu di malam hari. Hewan ini berburu di pagi dan sore hari.

Meskipun penglihatan malam hari harimau tidak sebagus kucing, namun penglihatan harimau sekira enam kali lebih baik ketimbang penglihatan manusia.

Kekuatan

Seperti kucing, memori harimau juga sangat kuat. Memori jangka pendeknya saja bisa 30 kali lebih kuat dari manusia dan ratusan kali dibanding simpanse. Selain itu, harimau merupakan perenang yang hebat.

Baca juga: Ngakak, Ini Deretan Foto Macan Tampan

Hewan ini mahir berenang sejauh puluhan kilometer untuk menemukan hewan buruan. Harimau juga bisa berlari dengan kecepatan 60 kilometer per jam untuk jarak pendek.

Baca juga: Ngakak, Patung Harimau di Markas Militer Ini Gegerkan Netizen

Harimau juga bisa melompat sejauh 6 meter dan hingga ketinggian sekira 5 meter. Cakar harimau pun sangat kuat. Kabarnya satu babatan saja bisa menghancurkan tengkorak beruang.

Interaksi

Harimau jarang mengaum. Mereka hanya mengaum untuk berkomunikasi dengan harimau lainnya.

Tidak seperti singa, harimau jantan merupakan pengayom keluarga. Mereka selalu menunggu harimau betina dan anak-anaknya menyantap hasil buruan terlebih dahulu.

Harimau jantan memiliki wilayah yang lebih luas dibanding betina. Namun, sesama harimau tidak pernah menguasai wilayah yang tumpang tindih.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini