Ternyata Bulu Burung Laut Tak Akan Basah Walau Terkena Air

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 11 56 1885282 ternyata-bulu-burung-laut-tak-akan-basah-walau-terkena-air-3MleuPwgv2.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Terdapat spesies burung yang dinamakan elang laut. Hewan ini menghindari cuaca dingin, karenanya mereka bermigrasi dari Asia Utara dan Amerika ke kawasan-kawasan hangat di selatan garis khatulistiwa.

Hewan tersebut menempuh jarak sejauh 19.000 kilometer pada musim dingin dan musim panas. Namun, mereka tidak membawa bekal apapun dalam perjalanan.

Buku 'Sains dalam Alquran' yang ditulis Nadiah Thayyarah menjelaskan, bulu-bulu burung ini tidak basah oleh air. Sebab, jika basah oleh air, mereka tak akan bisa terbang selepas menyelam di air.

Jika bulu-bulu itu basah, maka air akan merembes masuk ke sayap dan bulu-bulu sehingga memberatkan tubuh dan mereka tidak bisa terbang.

Menurut para ilmuwan, bulu semua burung laut tidak basah oleh air. Air sama sekali tidak bisa menempel pada bulu-bulu mereka. Pasalnya, burung-burung laut hanya makan ikan laut.

Elang laut menguntit burung-burung pemangsa ikan dari belakang. Ketika ada burung pemangsa memburu ikan di air lalu membawa mangsanya untuk anak-anaknya, elang laut akan menyerang burung itu di udara.

Burung pemangsa pun takut kepada elang laut dan membiarkan ikan mangsanya jatuh ke laut. elang laut segera menyambar ikan tersebut sebelum sampai di permukaan laut.

Burung jenis lain menempuh jarak 4.000 kilometer tanpa memakan apa pun. Sebagian burung dari jenis ini menempuh perjalanan tiada henti selama 86 jam.

Dalam salah satu ayat Alquran disebutkan mengenai burung. "Dan apakah mereka tidak memperhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu," Surah Al-Mulk Ayat 19.

"Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) sembahyang dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan," Surah An-Nur Ayat 41.

Baca juga: Alasan Burung Tak Tersengat Listrik saat Bertengger di Kabel Listrik

"Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman," Surah An-Nahl Ayat 79.

Baca juga: Kemampuan Burung Terbang dalam Pandangan Alquran & Sains

Tiga ayat tersebut merupakan ayat-ayat muhkamat, ayat yang jelas dan terang maknanya. Ayat-ayat itu menyemangati manusia untuk merenungkan burung-burung sebagai salah satu ciptaan Allah.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini