4 Pemicu Terjadinya Sendawa yang Perlu Anda Ketahui

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 10:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 11 56 1885415 4-pemicu-terjadinya-sendawa-yang-perlu-anda-ketahui-h0UEnqhALA.jpg (Foto: Health.harvard.edu)

JAKARTA - Sendawa merupakan peristiwa pelepasan gas-gas di saluran pencernaan. Pelepasa gas terjadi ketika manusia turut menelan udara (aerophagia) ketika sedang makan atau minum.

Dalam buku 'Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia' dijelaskan beberapa pemicu terjadinya sendawa.

Makanan dan Minuman

Menggunakan sedotan untuk minum, mengunyah permen karet, dan memakai gigi palsu yang longgar dapat menyebabkan masuknya udara. Selain karena tertelannya udara bersamaan dengan makanan dan minuman, bersendawa juga bisa disebabkan oleh minum minuman berkarbonasi, minuman ringan dan minuman energi.

Baca juga: Mengapa Ayam Jantan Berkokok Setiap Pagi?

Obat-obatan dan Penyakit

Obat diabetes seperti Metformin dan Byetta juga diketahui dapat menyebabkan sendawa, terutama jika diberikan pada dosis yang tinggi. Intoleransi laktosa juga dapat meningkatkan gas di dalam perut ketika manusia meminum susu.

Baca juga: Ketahui 5 Fobia Teraneh di Dunia, Apa Saja?

Kegelisahan

Tubuh bereaksi terhadap keadaan stres dengan mencerna makanan dengan lebih lambat. Hal ini tentu dapat meningkatkan gas dalam saluran pencernaan dan menyebabkan sendawa. Selain itu, kecemasan juga dapat menyebabkan manusia sering menelan ludah bersamaan dengan udara.

Kebiasaan

Udara yang berlebihan di dalam perut bukan satu-satunya penyebab sendawa. Bagi sebagian orang, bersendawa menjadi suatu kebiasaan dan tidak selalu merefleksikan jumlah udara yang berada dalam perut, terutama jika mereka telah menderita masalah pencernaan di masa lalunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini