nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Facebook, Instagram Siapkan Fitur Download Konten

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 16:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 12 207 1885659 gara-gara-facebook-instagram-siapkan-fitur-download-konten-E42K3UMqjg.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pihak pengembang Instagram dikabarkan sedang menyiapkan fitur download konten di platform mereka. Hal ini dilakukan akibat masalah kebocoran data pribadi pengguna Facebook melalui pihak ketiga.

Pengembangan sistem ini dimulai oleh Instagram setelah Pemerintah Inggris sedang mempersiapkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) baru. Di dalamnya, mereka meminta perusahaan untuk mengizinkan penggunanya dengan mudah memindahkan data mereka dari satu layanan ke layanan lainnya.

Mengutip dari laman Engadget, Rabu (12/4/2018), rencana pembuatan ini pun sudah dikonfirmasi langsung oleh pihak Instagram. Mereka mengaku sedang membangun alat data portabilitas baru sehingga pengguna dapat mengunduh salinan dari akun mereka.

Lebih lanjut pihak Instagram mengatakan para pengguna akan dapat mengunduh semua data. Hal ini termasuk data foto, data video, hingga data pesan yang sudah di-posting oleh para pengguna ke media sosial berbasis foto tersebut.

Namun sebenarnya, alat semacam itu bisa dibilang merugikan pihak Instagram. Hal ini dikarenakan pengguna akan dimudahkan untuk berpindah ke jejaring sosial foto saingan mereka.

Selain itu, fitur ini disamakan dengan fitur Unduh Informasi Anda milik Facebook, yang disebut-sebut sebagai cara untuk menghapus akun mereka. Hal ini juga yang pada akhirnya memicu aksi yang bernama #DeleteFacebook.

Namun sayang, hingga saat ini pihak Instagram masih enggan membeberkan kapan fitur ini akan dipakai. Yang pasti, nantinya semua data yang ada di server Instagram bisa dipindahkan ke hard drive pengguna masing-masing.

Baca juga: Ini Daftar Hashtag yang Diblokir di Instagram

Sekedar informasi, beberapa saat lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg telah dipanggil oleh parlemen Amerika untuk memberikan keterangan. Dalam persidangan tersebut, Zuck banyak meminta maaf terhadap apa yang terjadi di platform mereka.

Baca juga: Instagram Rilis Fitur Baru Nametags dan Focus

Hingga saat ini, diketahui total jumlah korban mencapai 87 juta pengguna dari seluruh dunia. Indonesia pun turut menjadi korban, dengan total 1,096 juta pengguna Facebook harus merelakan data mereka diambil pihak yang tidak mereka kenal. (chn)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini