Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tiga Lubang Matahari Terbuka, Bumi Dihantam Badai Geomagnetik

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 12 56 1885709 tiga-lubang-matahari-terbuka-bumi-dihantam-badai-geomagnetik-CLy78BnQlV.jpg (Foto: Solar Dynamics Observatory, NASA)

JAKARTA - Bumi kabarnya akan mengalami badai geomagnetik. Hal ini dikarenakan fenomena yang terjadi pada matahari, di mana terdapat tiga lubang koronal yang terbuka di matahari.

Dilansir Sciencealert, Kamis (12/4/2018), lubang koronal telah terbuka di permukaan matahari, mengirimkan badai geomagnetik ke arah Bumi. Lubang-lubang di matahari mungkin terdengar agak menakutkan, tetapi mereka adalah fenomena yang sangat umum, khususnya selama kondisi matahari minimum (solar minimum).

Ini adalah periode tenang dari siklus aktivitas 11 tahun Matahari, yang saat ini berlangsung. Meskipun bintik matahari dan semburan matahari lebih sedikit, dan umumnya lebih kecil ketika terjadi selama kondisi ini, tetapi itu tidak berarti bahwa Bumi tidak terkena badai geomagnetik.

Ini karena lubang koronal, yang merupakan daerah yang lebih dingin, kurang padat dari plasma dan medan magnet terbuka.

Struktur terbuka ini memungkinkan angin matahari untuk melarikan diri lebih mudah, yang pada gilirannya dapat meniup radiasi elektromagnetik ke arah Bumi jika lubang berada pada posisi yang tepat.

Pekan lalu, tiga lubang ini terbuka mengirimkan angin surya berkecepatan tinggi tepat ke arah Bumi. Ini menunjukkan adanya badai matahari, walau tampaknya kekuatan badai itu lemah ketika sampai ke Bumi.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Badai Matahari

Sekadar informasi, NOAA sudah merilis jam badai matahari tingkat G1, yang merupakan tingkat terendah dalam skala. Ini menunjukkan bahwa fenomena ini mungkin tidak terasa dampaknya terhadap Bumi.

Baca juga: Badai Matahari Tertangkap Kamera Ponsel, Kok Bisa?

Kendati demikian, hal tersebut tidak menghilangkan kemungkinan fluktuasi jaringan listrik yang sangat kecil, gangguan kecil dengan komunikasi satelit, seperti GPS dan internet satelit serta televisi.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini