Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengapa Kelelawar Tidur dalam Posisi Terbalik?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Kamis 12 April 2018 15:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 12 56 1885737 mengapa-kelelawar-tidur-dalam-posisi-terbalik-trx8oR6Lvi.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Kelelawar pada siang hari melewatkan waktunya dengan cara bergelantungan dalam posisi terbalik di tempat terpencil. Tahukah Anda alasan kelelawar tidur dalam posisi ini?

Dalam buku 'Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia' terungkap alasan mengapa kelelawar tidur dalam posisi terbalik.

 

Menghindari Predator

Bergelantungan terbalik merupakan cara terbaik bagi kelelawar untuk terhindar dari pemangsa. Saat siang hari, sewaktu predator (terutama burung pemangsa) paling aktif, kelelawar akan berada di tempat yang paling sulit dicapai oleh para predator ini.


Baca juga: Peneliti Temukan Kelelawar Unik Persis Panda

Sehingga, memungkinkan mereka aman dari serangan predator sampai malam tiba.

Memudahkan Kelelawar Memulai Penerbangan

Bergelantungan dalam posisi terbalik di lokasi yang tinggi, akan menempatkan kelelawar dalam posisi yang ideal untuk lepas landas ketika akan terbang.

Baca juga: Wah, Kelelawar juga Doyan Hisap Madu Bunga

Menghemat Energi ketika Beristirahat

Untuk menggantung terbalik, kelelawar hanya perlu terbang ke posisi bertengger yang ia inginkan, kemudian membuka cakarnya dan menemukan permukaan yang dapat digenggam.

Berat tubuh bagian atas akan menarik tendon yang terhubung dengan cakar ke bawah, dan menyebabkan cakar mengepal dan menggenggam tempatnya bertengger. Akibatnya, kelelawar tidak perlu melakukan apapun lagi untuk menggantung terbalik.

Ia hanya perlu mengerahkan energi untuk melepaskan cengkeramannya dengan meregangkan otot-otot untuk menarik cakar terbuka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini