Google Lens Miliki Kemampuan Kenali Jenis Anjing dan Kucing

Agregasi Antara, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 13 207 1886146 google-lens-miliki-kemampuan-kenali-jenis-anjing-dan-kucing-1Ix2oRKyhr.jpg (Foto: Scmp)

JAKARTA - Perangkat augmented reality Google Lens memiliki kemampuan baru untuk mengenali jenis anjing dan kucing termasuk informasi singkat tentang jenis tersebut.

Cara kerja fitur mengenali hewan domestik ini sama seperti fitur lainnya, arahkan kamera ke anjing atau kucing, atau bisa juga gambar kucing di galeri foto. Peranti lunak di Google Lens akan menganalisis foto itu kemudian muncul informasi mengenai hewan.

Saat ini, seperti dilansir dari Phone Arena, jika mengarahkan kamera ke anjing Anda, Lens akan menampilkan breed dan beberapa fakta menarik seputar anjing tersebut, misalnya asal-usul mengenai Pembroke Welsh Corgi.

Google Lens saat ini masih dalam tahap uji coba, namun, kemampuannya terus ditambah. Februari lalu Google mengumumkan akan mengembangkan kemampuan untuk mengenali hewan dan tumbuhan.

Fitur paling umum di Google Lens adalah kemampuan mengenali objek seperti tengara dan gedung. Jika mengarahkan kamera atau mencari gambar Patung Liberty dari galeri, Lens akan memberikan informasi mengenai nama bangunan, lokasi hingga bobot dan tingginya.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, Google dikabarkan telah mendistribusikan fitur kamera pintar mereka, Google Lens, ke seluruh perangkat Android. Fitur yang diluncurkan bersamaan dengan Pixel 2 ini memiliki banyak fungsi, yang pastinya akan membantu kehidupan penggunanya sehari-hari.

Baca juga: Kamera Pintar Google Lens 'Mendarat' di Perangkat Android

“Mulai bergulir hari ini, para pengguna Android dapat mencoba Google Lens untuk melakukan berbagai hal seperti membuat kontak dari kartu nama atau mendapatkan informasi dari landmark ternama. Untuk menggunakannya, Anda harus memiliki versi terbaru dari Google Photos,” ujar pihak Google melalui akun Twitter resmi mereka, seperti dikutip dari laman 9to5Google.

Baca juga: Update Google Assistant Dukung Bahasa Indonesia untuk Android dan iOS

Sekadar informsi, Google Lens merupakan salah satu fitur Google yang menggunakan Google Artificial Intelligence (AI) yang cukup kuat. Google Lens dapat mengekstrak informasi seperti nomer telefon, alamat, dan juga objek seperti bunga dan bangunan. Tentu saja, hal ini dapat membantu pengguna di kehidupan sehari-hari mereka.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini