Spotify Siapkan Fitur Baru untuk Pengguna Layanan Gratis

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 17:07 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 207 1886233 spotify-siapkan-fitur-baru-untuk-pengguna-layanan-gratis-bpdeCxLZnx.jpg Aplikasi Spotify (Sumber : Pixabay)

JAKARTA - Spotify dikabarkan akan menggulirkan sebuah fitur baru kepada para pengguna tak berbayar mereka. Kabarnya, para pengguna layanan gratis dari Spotify akan mendapatkan perpustakaan musik yang lebih besar lagi.

Mengutip dari laman Digital Trends, Jumat (13/4/2018), para pengguna layanan gratis Spotify akan memiliki fungsi yang hampir sama dengan layanan berbayar Spotify. Tentunya, hal ini akan membuat pengalaman pengguna layanan gratis menjadi lebih baik.

Hal ini dilakukan karena beberapa hal. Salah satunya adalah untuk meyakinkan para investor jika bisnis yang mereka jalankan terlihat sangat menggiurkan, yang ditunjukkan dengan banyaknya jumlah pengguna harian dari aplikasi tersebut.

Baca Juga : Ciptakan Asisten Digital, Spotify Lirik Bisnis Speaker Pintar?

Tentu saja, dengan memberikan berbagai fitur baru, terutama di bagian pengguna gratis adalah trik marketing yang sangat baik untuk menarik pengguna baru.

Namun, bagian tersulitnya adalah bagaimana cara menarik pelanggan layanan gratis ini, untuk beralih ke layanan berbayar. Hal ini dikarenakan perusahaan akan lebih banyak mendapat keuntungan dari para pengguna berbayar.

Pelanggan berbayar Spotify mendatangkan sekira 90 persen dari pendapatan perusahaan di tahun 2017, meskipun hanya memiliki pelanggan kurang dari setengah basis pengguna total mereka yang berjumlah 157 juta orang.

Spotify sendiri memiliki target 200 juta pengguna pada akhir 2018, dan juga berharap sekiranya 96 juta dari total tersebut untuk menggunakan layanan berbayar mereka.

Baa Juga : Awas! Gunakan Aplikasi Spotify 'Bajakan' Kini Bisa Kena Blokir

Sekedar informasi, saat ini versi layanan gratis Spotify memiliki layanan iklan di dalamnya. Para pengguna juga tidak dapat memilih lagu, sehingga mereka tidak memiliki pilihan selain mendengarkan apa yang disajikan melalui shuffle.

Selain itu, pengguna juga hanya dapat melewati trek hingga enam kali selama setiap jam penggunaan. Ketidakmampuan untuk memilih lagu tertentu merupakan kerugian utama ketika pengguna hanya berada di layanan gratis Spotify.

Untuk menghilangkan hal tersebut, para pengguna Spotify di Indonesia dibebankan untuk membayar sekira Rp49.990 per bulan untuk satu pengguna. Atau para pengguna dapat memilih untuk membayar Rp79 ribu per bulan, yang dapat digunakan untuk lima anggota keluarga. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini