Google Beli Bisnis Layanan Internet di Pesawat Milik Nokia?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 14 April 2018 06:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 13 57 1886327 google-beli-bisnis-layanan-internet-di-pesawat-milik-nokia-E9yetInp19.jpg (Foto: Reuters)

JAKARTA - Google dikabarkan sedang dalam pembicaraan dengan Nokia untuk membeli divisi broadband di pesawat terbang. Bisnis ini sebagai bagian dari layanan internet berkecepatan tinggi di dalam pesawat terbang.

Dilansir Computing, Jumat (13/4/2018), menurut laporan Bloomberg, raksasa teknologi asal Amerika itu ingin memanfaatkan sistem broadband Nokia untuk mengubah teknologi konektivitas penerbangannya sendiri.

Sumber-sumber dengan pemahaman tentang situasi percaya bahwa perusahaan telah mencapai tahap perundingan yang maju dan dapat menyetujui kesepakatan itu dengan segera. Namun, mereka belum mencapai kesepakatan resmi, yang berarti bahwa kesepakatan tersebut tidak dapat dilanjutkan. Tidak ada perusahaan yang mengomentari spekulasi itu.

Nokia diketahui telah menawarkan sistem seluler berbasis LTE A2G selama beberapa tahun. Ini menciptakan koneksi internet di udara dengan berkomunikasi dengan jaringan berbasis tanah, bukan satelit ruang angkasa.

"Sistem seluler berbasis Nokia LTE A2G menciptakan hubungan langsung antara pesawat dan tanah sehingga meniadakan lompatan delay ke satelit," tulis Nokia di situs webnya.

Baca juga: Update Google Assistant Dukung Bahasa Indonesia untuk Android dan iOS

Perusahaan mengklaim bahwa pendekatan ini "memungkinkan layanan internet berkecepatan tinggi di dalam kabin menggunakan Wi-Fi untuk penumpang yang selalu aktif". Perusahaan juga mengatakan bahwa sistem ini lebih "efektif" dan terjangkau daripada sistem berbasis satelit.

Baca juga: Google Lens Miliki Kemampuan Kenali Jenis Anjing dan Kucing

Walaupun Google belum mengembangkan sistem dalam penerbangan yang nyata, mereka tampaknya ingin mengubah saat ini. Seperti diketahui, mengakses internet di pesawat kini memang sulit, tetapi ada peluang bisnis yang jelas.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini