nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Tagihan Membengkak, Ini Tips Hindari Pembelian Tanpa Disengaja dalam Aplikasi

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 13 April 2018 13:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 13 92 1886158 cegah-tagihan-membengkak-ini-cara-hindari-pembelian-tanpa-disengaja-dalam-aplikasi-HLsrZmCqEG.jpg Ilustrasi Tagihan Membengkak (Sumer : Pexels)

JAKARTA - Pembelian dalam aplikasi merupakan fitur yang sering kali disematkan para pengembang dalam sebuah aplikasi tidak berbayar alias gratis. Hal ini dikarenakan para pengembang tetap harus mendapatkan biaya untuk menjalankan aplikasi mereka.

Namun demikian, para pengguna tak jarang tidak sengaja membeli sesuatu dari sebuah aplikasi. Tentu saja, hal ini menjadi sebuah hal yang memusingkan bagi para pengguna smartphone, terutama para pengguna Android.

Bagi Anda yang merasakan hal tersebut, jangan pusing dahulu. Hal ini dikarenakan Okezone memiliki tips untuk menanggulangi hal tersebut, seperti merangkum dari laman Ubergizmo, Jumat (13/4/2018).

Baca Juga : Remaja Milenial Lebih Pilih Pakai iPhone Ketimbang Android

Caranya pun mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Google Play Store di perangkat Anda. Kemudian, klik ikon tiga garis yang terdapat di pojok kiri layar tersebut.

Setelah terbuka, usap layar ke bawah hingga menu Setelan terlihat. Kemudian pilih menu tersebut.

Langkah selanjutnya adalah dengan mencentang di pilihan autentikasi Sidik Jari. Setelah tercentang, pilih menu perlu autentikasi untuk pembelian.

Kemudian, sebuah menu baru akan muncul. Di sini, Anda tinggal memilih pilihan ‘Untuk semua pembelian melalui Google Play di perangkat ini’.

Baca Juga : 5 Aplikasi Smartphone yang Wajib Anda Hapus Saat Ini Juga

Dengan cara ini, saat Anda ingin memasang aplikasi berbayar maupun melakukan pembelian di dalam aplikasi, Anda memerlukan autentikasi melalui sidik jari. Dengan begini, Anda tidak perlu khawatir secara tidak sengaja membeli sesuatu di dalam aplikasi. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini