Apple Polisikan 12 Karyawannya karena Bocorkan Rahasia, Ada Apa?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Minggu 15 April 2018 14:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 14 207 1886675 apple-polisikan-12-karyawannya-karena-bocorkan-rahasia-ada-apa-7hYcE1QC4C.jpg Logo Apple (Sumber : Phone Arena)

JAKARTA - Apple dikabarkan tengah memburu para pembocor informasi terkait produk mereka. Hal ini ketahuan setelah sebuah memo internal pegawai Apple bocor ke internet beberapa saat lalu.

Selain itu, dalam memo tersebut disebutkan jika perusahaan asal Cupertino tersebut sudah memburu sekira 29 orang pada tahun lalu. 12 diantaranya dikabarkan telah mendekam di penjara atas permintaan Apple.

Mengutip dari laman Phone Arena, Minggu (15/4/2018), Apple nampaknya bermaksud untuk memberikan contoh kepada para pembocor berita mengenai smartphone dan lainnya di dalam perusahaannya.

Baca Juga : Apple Akan Tutup iTunes Store?

“Orang-orang ini tidak hanya kehilangan pekerjaan mereka, mereka dapat menghadapi kesulitan ekstrim mencari pekerjaan di tempat lain,” ujar pihak Apple. Namun ironisnya, memo mengenai hal tersebut malah bocor ke pihak lain.

Salah satu contohnya adalah dalam pertemuan yang dikepalai oleh kepala rekayasa perangkat lunak Apple, Craig Federighi. Selama pertemuan, Federighi mencatat bahwa beberapa fitur perangkat lunak untuk iPhone akan tertunda, dan seseorang membocorkan informasi itu ke media.

Dengan cepat pihak Apple menemukan pelaku tersebut dan tanpa peringatan, sang pembocor pun dipecat.

Ternyata, hal ini tidak hanya berlaku bagi para pegawai Apple saja. Para pemasok komponen dari produk Apple pun diminta untuk bungkam. Namun, belum diketahui jenis sanksi apa yang akan dijatuhkan.

Baca Juga : Remaja Milenial Lebih Pilih Pakai iPhone Ketimbang Android

Meski demikian, informasi terus menemukan jalan keluar dari Apple. Bulan lalu, seorang karyawan Apple yang memberikan informasi rahasia ke media yang berkaitan dengan roadmap perangkat lunak Apple, ditangkap dan dipecat. Ketika ditanya mengapa dia melakukannya, dia menjawab dengan mengatakan bahwa dia tidak berpikir dia akan tertangkap.

Berikut ini isi lengkap dari memo yang dituliskan oleh Apple :

Dalam banyak kasus, para pembocor tidak bertujuan untuk bocorkan informasi. Namun yang terjadi adalah orang-orang yang bekerja untuk Apple sering menjadi sasaran pers, analis, dan blogger yang berteman dengan mereka di jejaring profesional dan sosial seperti LinkedIn, Twitter dan Facebook dan mulai mengorek informasi. Meskipun saat mendekati, Anda selalu disanjung, penting untuk diingat bahwa Anda sedang dipermainkan. Keberhasilan orang ini diukur dengan mendapatkan rahasia Apple dari Anda dan membuka mereka ke publik. Suatu tentang produk Apple yang belum dirilis dapat menghasilkan lalu lintas pembaca besar-besaran, dan secara finansial menguntungkan blogger atau reporter yang memecahkannya. Tetapi karyawan Apple yang bocor kehilangan segalanya. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini