nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RDP Kebocoran Data, Facebook Penuhi Panggilan DPR

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 11:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 16 1887611 rdp-kebocoran-data-facebook-penuhi-panggilan-dpr-FnhOf3PdUk.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Komisi I DPR RI kembali memanggil perwakilan Facebook untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RPDU). Ini kali kedua pihak Facebook dipanggil oleh Komisi I DPR RI, terkait dengan kebocoran data pengguna Facebook Indonesia.

Pada RDPU yang akan di laksanakan Selasa (17/4/2018) pagi ini, pihak Facebook akan diwakili oleh Public Policy Lead Facebook Indonesian Ruben Hattari. Selain itu, kali ini turut hadir salah satu perwakilan Facebook Asia Pasific, yakni Vice President of Public Policy Facebook Asia Pacific Simon Milner.

Seperti diketahui sebelumnya, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Satya Widya Yuda mengatakan dalam RDPU kali ini, akan ada beberapa pertanyaan.

Foto: Ruben Hattari

Pertama adalah memastikan apakah benar data tersebut sudah diolah oleh pihak Cambridge Analictica. “Kita akan menanyakan apakah data tersebut telah disalahgunakan atau tidak,” ujar Satya.

Kemudian, hal lain yang akan ditanyakan adalah kesiapan pihak Facebook untuk melindungi data pengguna Facebook di Indonesia. Dia menyatakan jika kejadian ini diharapkan tidak akan terjadi lagi di kemudian hari.

Lalu, tak lupa Satya juga akan menanyakan mengani hasil audit yang dilakukan internal oleh Facebook. Hal ini penting, dikarenakan tindakan ini mencerminkan iktikad baik dari Facebook terkait masalah tersebut. “Pasti kita tanyakan (audit internal),” ucapnya sebelum memulai sidang.

Di sisi lain, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara Rudiantara sudah melakukan komunikasi dengan perwakilan Facebook sekira dua minggu lalu. Sayangnya, hingga saat ini dia mengaku masih belum mendapatkan jawaban dari pihak Facebook.

[Baca Juga: Data 1 Juta Bocor, Facebook Akan Notifikasi Akun yang Jadi Korban Mulai 9 April]

“Belum ada (hasil auditnya). Belum tahu saya,” ujar Rudantara saat ditemui di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Sebenarnya, Facebook sudah dijadwalkan akan bertemu dengan DPR RI pada Rabu (10/4/2018) lalu. Namun, pihak Facebook malah mangkir dengan alasan yang kurang bisa diterima oleh beberapa pihak.

 

Sumber Foto: Shutterstock

Bahkan menurut Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Firman Soebagyo, jika Facebook mangkir hingga tiga kali, maka pihak Kepolisian bisa menyeret Facebook secara paksa untuk menghadiri panggilan DPR RI.

[Baca Juga: Data 1 Juta Pengguna Bocor, Facebook Diberi Sanksi Lisan]

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini