2020, Indonesia Siap Terapkan Jaringan 5G?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 17 April 2018 12:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 17 207 1887652 2020-indonesia-siap-terapkan-jaringan-5g-4Nnzp5bPGj.jpg Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Telekomunikasi dan Informatika Kominfo, Ismail (Foto: Chandra/okezone)

JAKARTA - Jaringan 5G kini sedang menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat dunia. Hal ini dikarenakan teknologi jaringan generasi kelima tersebut akan segera diluncurkan pada 2020 mendatang dengan membawa banyak keuntungan.

Melihat hal tersebut, pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengakui jika saat ini, mereka juga sudah melakukan persiapan menyambut jaringan 5G. Hal ini dilakukan dengan mempersiapkan pita frekuensi untuk menggelar layanan tersebut.

“Kami siapkan di band 3,5GHz, 2,6GHz, dan 2,8GHz. Ini mengikuti kesepakatan dunia,” ujar Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail di Jakarta.

Ismail melanjutkan pemilihan jaringan ini akan menghemat biaya pembangunan infrastruktur 5G. “Indonesia tidak bisa menentukan sendiri, kalau begitu nanti spesial dan khusus, yang bisa (membuat) biayanya mahal,” katanya.

Baca juga: Jaringan 5G Mulai Digunakan di 2018

Selain itu, saat ditanyakan pemanfaatan yang tepat bagi jaringan tersebut, Ismail menjawab jika ada beberapa tujuan penyelenggaraan jaringan 5G.

Salah satunya di sektor kritikal yang membutuhkan latensi rendah, sehingga area tersebut perlu mendapatkan internet super cepat.

Dia mencontohkan Indonesia menuju indusri 4.0. Industri ini akan mengkombinasikan komputasi awan dengan mobile internet, dimana ratusan juta unit perangkat berkomunikasi dengan menggunakan platform-platform.

Baca juga: China Jadi Pelopor Jaringan 5G Pertama di Dunia

"Perangkat-perangkat itu baru bisa beroperasi dengan baik, kalau sudah ada layanan 5G. 5G sekarang dalam proses finalisasi launching secara komersial," sebutnya.

Sekadar informasi, selain Kominfo, para operator pun sudah mempersiapkan jaringan untuk 5G, bahkan beberapa diantaranya sudah melakukan uji coba. Sedangkan di sisi jaringan, beberapa vendor seperti Nokia, Ericsson, ZTE, dan lainnya juga sudah memboyong solusi perangkat 5G ke Indonesia. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini