nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Puas Jawaban Facebook, DPR Akan Panggil Kominfo Lagi

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Rabu 18 April 2018 05:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 17 207 1887924 tak-puas-jawaban-facebook-dpr-akan-panggil-kominfo-lagi-hUwMpKbeFQ.jpg Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Widya Yudha (Foto: Nur Chandra/okezone)

JAKARTA - Komisi I DPR RI menyatakan akan kembali memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara untuk melakukan rapat.

Hal ini dilakukan karena Komisi I DPR masih belum puas dengan jawaban pihak Facebook pada Rapat Dengan Pendapat Umum (RDPU) yang dilaksanakan di Gedung DPR hari ini.

“Kami akan melakukan rapat lagi dengan Menkominfo, kan mereka bertindak sebagai regulator,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI Satya Widya Yudha, kepada Okezone di Gedung DPR.

Dia menjelaskan, pertemuan kali ini akan membahas mengenai tenggat waktu terhadap pemberian hasil audit dari pihak Facebook. Hal ini dikarenakan pihak Facebook masih belum memberi kepastian kapan hasil audit ini dikeluarkan.

Baca juga: Akui Tak Salah, Facebook Diminta Kejar Kogan

"Sudah jelas kok, kita minta Facebook segera merespon kemauan Pemerintah,” tegasnya.

Vice President of Public Policy Facebook Asia Pacific Simon Milner

Satya menjelaskan, jika Pemerintah, dalam hal ini Kominfo, mau bertindak tegas, dia yakin anggota DPR lain tidak ada yang akan menolak pemerintah memberikan teguran keras. “Iya, maksud teguran keras itu suspend,” lanjutnya.

Baca juga: Rapat dengan DPR, Facebook Indonesia: Kami Mohon Maaf

Meski demikian, jika setelah dilakukan suspend dan Facebook mau melakukan perbaikan, maka seperti biasa suspend tersebut akan dicabut.

“Kan itu sebenarnya bentuk pertanggungjawaban mereka sebagai korporasi kepada kita,” ujarnya.

Sekadar informasi, RDPU antara Facebook dan DPR berlangsung hingga lima jam. Namun menurut Satya, jawaban dari pihak Facebook tidak memuaskan dan terdengan sangat normarif. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini