nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tanda Ini Tunjukkan Kapan Anda Harus Ganti Smartphone

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 10:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 18 92 1888495 5-tanda-ini-tunjukkan-kapan-anda-harus-ganti-smartphone-icQUiM9Rc7.jpg Ilustrasi Tumpukan Smartphone (sumber : Digital Trends)

JAKARTA - Para vendor smartphone kini semakin rajin mengeluarkan smartphone baru, setidaknya sekali dalam satu tahun. Hal ini membuat para pengguna smartphone selalu ingin membeli perangkat baru, meski perangkat yang mereka miliki sekarang bisa terbilang cukup baru.

Hal inilah yang kemudian menjadi banyak perntanyaan orang, yakni kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mengganti perangkat kita. Nah, bagi Anda yang juga memiliki pertanyaan tersebut, jangan terlalu khawatir karena Okezone punya solusinya.

So, tanpa berlama lagi, inilah lima tanda yang memberi tahu kapan sebaiknya Anda mengganti smartphone, seperti telah dirangkum dari laman Android Pit, Kamis (19/4/2018) berikut ini.

Penyimpanan Anda Sering Terlampau Penuh

Hal pertama yang bisa menjadi patokan bagi Anda adalah penyimpanan di perangkat Anda sudah sering kali penuh. Hal ini dikarenakan ponsel yang sudah berumur di atas dua tahun, memiliki memori internal yang bisa dibilang kecil jika dibandingkan dengan perangkat saat ini.

Memang, hal ini tidak membuat Anda harus segera berlari ke toko penjual ponsel. Namun, hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangkan bagi Anda untuk memilih membeli smartphone baru, yang memiliki memori lebih besar.

Baca Juga : 5 Risiko Gunakan Charger Abal-Abal!

Baterai Sering Habis

Hal selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan untuk membeli perangkat baru adalah pada saat baterai perangkat Anda sering habis. Meskipun Anda sudah menggunakan perangkat baru, namun tetap saja jika dibandingkan dengan perangkat teman baru Anda, jauh lebih boros.

Alasannya mudah. Hal ini dikarenakan smartphone pada saat ini memiliki prosesor yang jauh lebih irit. Dan juga smartphone pada saat ini memiliki kapasitas baterai yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pendahulunya. So, hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membeli perangkat baru.

Kualitas Kamera yang Semakin Buruk

Instagram kini seperti sebuah aplikasi wajib yang harus terpasang di sebuah smartphone. Biasanya, pengguna mengunggah hasil fotografi mereka, baik foto pemandangan, foto selfie, dan lainnya ke Instagram.

Nah, jika Anda melihat jika hasil kamera yang dihasilkan oleh perangkat Anda lebih buruk jika dibandingkan dengan hasil jepretan orang lain di Instagram, bisa jadi ini pertanda Anda harus mengganti smartphone lama secepatnya.

Tidak Mendapat Pembaruan

Pertimbangan selanjutnya adalah dimana perangkat Anda sudah tidak menerima pembaruan lagi. Kebanyakan, hal ini terjadi setelah perangkat Anda berumur dua tahun atau lebih, meski ada beberapa vendor yang mendukung pembaruan hingga lebih dari dua tahun.

Baca Juga : Daftar Vendor Android yang Sering Lalai Update Keamanan, Apa Saja?

Hal ini cukup penting dikarenakan di dalam pembaruan, terdapat peningkatan keamanan dari sebuah perangkat. Nah, jika sudah sampai tidak mendapatkan pembaruan, bisa saja perangkat Anda terkena masalah serius.

Perangkat Berjalan Seperti Siput

Hal terakhir yang bisa menjadi tanda Anda harus mengganti perangkat adalah pada saat perangkat Anda berjalan seperti siput. Tentu saja hal ini akan membuat Anda emosi dalam menggunkan perangkat tersebut sehari-hari.

Saat hal ini terjadi, maka tidak dapat dipungkiri ini sudah saatnya Anda membeli perangkat lawas dengan yang baru. (chn)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini