5 Tips Bikin Baterai Smartphone Jadi Lebih Irit

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 20 April 2018 10:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 19 92 1888971 5-tips-bikin-baterai-smartphone-jadi-lebih-irit-M7taeeXKAc.jpg Ilustrasi Baterai Smartphone Boros (Sumber : Pixabay)

JAKARTA - Tak dapat di pungkiri jika saat ini, penggunaan smartphone sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Hal ini dikarenakan semua hal mulai dari kehidupan pribadi hingga pekerjaan kantor bisa kita kerjakan melalui smartphone.

Akan tetapi, tak jarang juga kita sering kali merasa kesal karena baterai di smartphone kita cepat sekali habis. Hal ini membuat kita kesulitan dalam melakukan kegiatan harian kita melalui smartphone.

Memang, banyak hal yang bisa menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Namun, tim Okezone punya beberapa tips untuk membuat baterai smartphone jadi lebih irit, seperti yang telah dirangkum dari laman Android Pit, Jumat (20/4/2018) berikut ini.

Batasi Konektifitas Otomatis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membatasi konektifitas secara otomatis. Hal ini dikarenakan pada smartphone modern, terdapat fitur dimana perangkat akan secara otomatis menyalakan WiFi jika menemukan sebuah koneksi yang dikenal.

Nah, teknologi inilah yang menjadi salah satu penyebab sering kali membuat baterai cepat sekali habis. Oleh karenanya, secepat mungkin bagi Anda untuk menonaktifkan fitur ini di perangkat Anda.

Baca juga : 5 Tanda Ini Tunjukkan Kapan Anda Harus Ganti Smartphone

Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Saran lainnya adalah untuk mematikan aplikasi di perangkat Anda jika tidak digunakan. Hal ini dikarenakan meski telah ditutup, beberapa aplikasi akan terus berjalan di belakang layar secara terus menerus.

Bayangkan jika di dalam perangkat Anda terdapat puluhan aplikasi yang melakukan hal tersebut. Tentunya, daya baterai perangkat Anda akan habis dalam waktu yang sangat siang. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan ‘force close’ aplikasi tersebut.

Ubah Pencahayaan Layar

 

Hal lain yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai smartphone adalah dengan cara mengatur pencahayaan dari layar. Hal ini dikarenakan terlalu terang sebuah layar akan dapat membuat baterai semakin boros.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah peraturan kecerahan layar dari mode otomatis ke mode manual. Hal ini dikarenakan fitur pengatur cahaya otomatis akan menggunakan komponen lain untuk bekerja, yang pastinya memakan daya saat melakukan tugasnya.

Ubah Ukuran Resolusi Layar

Saat ini, smartphone semakin memiliki layar yang semakin lebar. Begitu pula dengan resolusinya, yang kini sudah mengadopsi resolusi hingga FHD+ atau bahkan UHD 4K.

Baca Juga : Daftar Vendor Android yang Sering Lalai Update Keamanan, Apa Saja?

Namun, semakin besar resolusi layar, semakin besar juga daya yang akan di sedot oleh CPU dan GPU untuk menjalankan resolusi tersebut. Nah, di beberapa smartphone disediakan pengaturan untuk mengganti resolusi layar. Jika di perangkat Anda terdapat fitur ini, maka sebaiknya turunkan resolusi layar perangkat Anda.

Batasi Penggunaan Data di Belakang Layar

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi penggunaan data di belakang layar. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari aplikasi yang banyak menghabiskan banyak data di belakang layar.

Selain itu, pastikan Anda berada di jaringan optimal yang ada di daerah Anda. Jika di lokasi Anda berada sinyal 4G tidak maksimal, sebaiknya turunkan jaringan perangkat Anda ke jaringan 3G. (chn)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini