Aplikasi Grasshopper Ajari Anda Cara Coding di Ponsel

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Sabtu 21 April 2018 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 20 207 1889407 aplikasi-grasshopper-ajari-anda-cara-coding-di-ponsel-kIfvJz2CJo.jpg (Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Untuk melakukan coding tampaknya tidak melulu dilakoni oleh para developer profesional. Google salah satu perusahaan yang menaruh perhatian pada aktivitas coding yang dilakukan para pengguna umum.

Dilansir Ubergizmo, Jumat (20/4/2018), Google telah meluncurkan upaya edukasi terbaru mereka dalam bentuk aplikasi yang dijuluki Grasshopper. Ini adalah aplikasi yang dirancang untuk ponsel cerdas yang akan mengajarkan kepada pengguna cara meng-kode JavaScript di ponsel mereka.

Sepertinya ini panduan pemula terkait coding. Jadi jika Anda sudah memiliki beberapa pengetahuan, mungkin itu tidak dirancang untuk Anda.

"Grasshopper adalah cara terbaik untuk memulai petualangan coding Anda dengan permainan menyenangkan dan cepat di ponsel yang mengajarkan Anda untuk menulis JavaScript nyata. Bergeraklah melalui level yang semakin menantang saat Anda mengembangkan kemampuan Anda, kemudian lulus dengan keterampilan pemrograman dasar untuk langkah Anda berikutnya sebagai seorang pembuat kode,” kata Google.

Akan ada teka-teki dan umpan balik secara real-time serta pencapaian yang dapat diperoleh pengguna saat melakukan perjalanan melalui aplikasi ini. Bila berminat, pengguna bisa mengunduhnya melalui Google Play Store atau iTunes App Store.

Tidak hanya Google, Apple juga diketahui meluncurkan inisiatif yang mengajari anak-anak cara membuat kode, menanamkan di dalamnya pengetahuan di usia muda.

CEO Apple Tim Cook pada Oktober 2017 mengungkap bahwa lebih penting bagi pelajar Prancis untuk belajar coding dibandingkan bahasa Inggris. Hal itu lantaran, bahasa pemrograman bisa menjangkau 7 miliar orang di seluruh dunia.

Baca juga: Aplikasi Ini Permudah Belajar Coding

Cook menjelaskan bahwa ia percaya orang tidak seharusnya belajar bahasa Inggris. Menurutnya, coding diperlukan untuk belajar di sekolah-sekolah di seluruh dunia.

Minat Apple dalam mendidik generasi muda dalam coding bukanlah hal baru. Perusahaan asal Cupertino itu telah meluncurkan beberapa inisiatif di masa lalu untuk mendorong pembelajaran seperti melalui aplikasi Swift Playgrounds dan kolaborasi dengan Tynker.

Baca juga: Startup Ini Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Coding

Di samping itu, Cook juga bukan satu-satunya orang yang menyarankan bahwa pengkodean harus dijadikan persyaratan di sekolah.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini