Duh! Xiaomi dan Apple Ketahuan Pakai Bahan Berbahaya di Penutup Belakang Ponsel

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Jum'at 20 April 2018 17:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 04 20 57 1889311 duh-xiaomi-dan-apple-ketahuan-pakai-bahan-berbahaya-di-penutup-belakang-ponsel-r0atUwGirW.jpg Xiaomi Redmi Note 5 (Foto : Nur Chandra/Okezone.com)

JAKARTA - Apple dan Xiaomi dituding menggunakan bahan berbahaya ke dalam perangkat mereka. Hal ini diketahui setelah Dewan Konsumen Shenzhen menyelidiki sekira 30 penutup belakang.

Perwakilan Dewan Konsumen Shenzhen menyatakan jika kedua vendor tersebut, termasuk Samsung, Huawei, dan tiga vendor lain memiliki tingkat kandungan plasticizer dan polycyclic aromatic hydrocarbon, dan salah satunya mencapai 17 persen.

Presentase ini jauh lebih tinggi dari standar Eropa, yakni sekira 0,1 persen. Jika tingkatan tersebut sudah melebihi batas tersebut, maka bahan-bahan itu akan merusak organ tubuh dan bahkan bisa memicu kanker.

Baca Juga : Resmi Diluncurkan, Berapa Harga Redmi Note 5

Mendengar kabar ini, pihak Xiaomi pun membantah hasil temuan tersebut. Dia menyatakan jika hal tersebut tidak ada dalam standar nasional dan industri ponsel di China. Mereka berkelit jika standar tersebut diadopsi untuk peralatan makan dan peralatan anak-anak dan tidak relevan untuk dikaitkan dengan hal tersebut.

“Penutup belakang kami aman digunakan oleh para pengguna,” ujar Xiaomi seperti dikutip dari laman South China Morning Plus, Jumat (20/4/2018).

Baca Juga : Apple Ternyata Punya iPhone X Edisi Emas, Ini Penampakannya!

Sementara itu, pihak Apple sendiri masih belum membalas pernyataan terhadap hal ini. Seperti biasa, mereka akan lebih memilih untuk bungkam dan menyelesaikan masalah secara diam-diam.

Untungnya, perangkat yang terindikasi memiliki kandungan berbahaya tersebut hanya beredar di China saja. Untuk sementara ini, negara lain termasuk Indonesia masih bisa dikatakan aman. (chn)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini