Tim Cook: Apple Tak Akan Gabungkan iOS dengan MacOS

Agregasi Antara, Jurnalis · Sabtu 21 April 2018 16:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 21 207 1889707 tim-cook-apple-tak-akan-gabungkan-ios-dengan-macos-0Zq0BlFqDi.jpg (Foto: Digit)

JAKARTA - Akhir tahun lalu, tersiar kabar Apple akan menggabungkan sistem operasi untuk perangkat mobile iOS dengan komputer MacOS agar pengembang hanya perlu membuat satu aplikasi yang dapat beroperasi sekaligus di iPhone, iPad dan perangkat komputer Mac.

Aplikasi ini dapat berjalan di layar sentuh maupun memakai keyboard dan mouse jika lewat komputer.

CEO Tim Cook dalam sebuah wawancara yang dimuat di Sydney's Morning Herald berpendapat menggabungkan dua aset besar perusahaan akan membahayakan.

Cook menyebut dua sistem tersebut luar biasa karena Apple merancang keduanya agar beroperasi dengan maksimal.

"Menggabungkan dua hal yang dibicarakan orang-orang ini, saya rasa bukan itu yang diinginkan pengguna," kata Cook, dikutip dari laman Phone Arena.

Bloomberg pada Desember tahun lalu melaporkan Apple sedang membuat proyek baru bernama "Marzipan", yang menggabukan kode-kode dasar dari MacOS dan iOS.

Pada Oktober 2017 terungkap rumor mengenai pergantian CEO Apple. Bos retail Apple, Angela Ahrendts dikaitkan dengan pergantian kepemimpinan di tubuh perusahaan. Konon, ia akan menggantikan Tim Cook sebagai CEO Apple.

Mendengar kabar tersebut, Tim Cook angkat bicara. Ia mengatakan bahwa akan membuka peluang sebesar-besarnya kepada orang-orang untuk menggantikan posisinya di Apple.

"Saya melihat peran saya sebagai CEO untuk mempersiapkan sebanyak mungkin orang untuk menjadi CEO, dan itulah yang saya lakukan. Dan kemudian dewan membuat keputusan pada saat itu," kata Cook dikutip dari CNBC.

Baca juga: Dari Tukang Koran, Tim Cook Menjelma Jadi CEO Apple

Cook lebih dikenal sebagai sosok yang gemar melontarkan argumen politis seperti mengkritik pemerintah AS soal isu pemanasan global dan imigrasi. Namun ia menyangkal bahwa apa yang diungkapkannya merupakan ujaran politis.

Baca juga: Mengenal Tim Cook, Sang CEO Apple yang Baru

Sementara itu, Ahrendts menyangkal kabar yang mengatakan akan menggantikan Tim Cook. Kepada Buzzfeedd ia mengatakan bahwa kabar tersebut adalah bohong dan konyol.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini