Apple Beri Program Ganti Baterai Macbook Gratis, Ada Apa?

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Senin 23 April 2018 11:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 23 207 1890212 apple-beri-program-ganti-baterai-macbook-gratis-ada-apa-G6XOmr1eie.jpg Ilustrasi Apple MacBook (Sumber : Pixabay)

JAKARTA - Apple secara diam-diam telah meluncurkan program penggantian baterai kepada beberapa MacBook Pro. Mereka menawarkan penggantian baterai ini secara gratis, namun dengan beberapa syarat.

Pihak Apple mengatakan persyaratan ini berlaku untuk pengguna MacBook Pro non-Touch Bar 13 inci. Dan syarat lainnya adalah perangkat tersebut mengalami penggembungan pada baterai MacBook milik mereka.

Mengutip dari laman The Verge, Senin (23//2018), hal ini dilakukan setelah perusahaan asal Cupertino tersebut menemukan jika beberapa perangkat MacBook Pro 13-inci non-Touch Bar yang diproduksi antara Oktober 2016 hingga Oktober 2017 memiliki komponen yang bermasalah.

Baca Juga : Chipset A12 Buatan Apple Diklaim 20 Persen Lebih Cepat

Komponen ini kemudian menyebabkan baterai yang ada di perangkat tersebut menjadi menggelembung. Tentu saja, jika tidak secepatnya diganti, maka baterai bisa saja merusak perangkat pengguna rusak, atau bahkan hingga menciderai penggunanya.

Untuk mengecek apakah perangkat Anda terkena masalah ini atau tidak, Apple telah meluncurkan sebuah microsite di mana pengguna dapat memasukkan nomor serial perangkat mereka. Untuk mengunjungi situs tersebut, silahkan klik di sini.

Jika setelah memasukkan nomor serial perangkat muncul sebuah pemberitahuan penggantian, maka Anda bisa langsung mengunjungi Apple store terdekat untuk melakukan penggantian baterai secara gratis.

Baca Juga : Tim Cook: Apple Tak Akan Gabungkan iOS dengan MacOS

Jika Anda sudah terlanjur menggantinya dengan baterai yang baru, maka Anda bisa meminta pengembalian uang terhadap uang pembelian dan pemasangan baterai kepada pihak Apple.

Sayangnya pihak Apple menegaskan jika penggantian baterai ini tidak akan memperpanjang masa garansi dari perangkat tersebut. Jadi, apabila setelah masa garansi dari perangkat tersebut habis dan mengalami masalah dengan baterai, maka laptop tersebut tidak lagi dilindungi oleh garansi.

Sekadar informasi, pada akhir 2017 lalu, perusahaan besutan Steve Jobs tersebut telah melakukan hal yang sama di perangkat MacBook Pro 15 produksi 2012 hingga 2103. Hal ini dilakukan karena ada masalah dengan baterai dari perangkat tersebut. (ncl)

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini