Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teknologi VR hingga Robot Sambangi Bank, Seperti Apa?

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 23 April 2018 14:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 23 207 1890324 teknologi-vr-hingga-robot-sambangi-bank-seperti-apa-wsAJghji4u.jpg (Foto: The Associated Press)

JAKARTA - Teknologi seperti virtual reality, robot dan pengenal wajah tampaknya bisa diterapkan di berbagai sektor atau bidang. Terkini, salah satu bank milik negara di China dilengkapi dengan teknologi canggih tersebut.

Dilansir Abcnews, Senin (23/4/2018), bank ini dilengkapi dengan perangkat lunak pemindaian wajah, ruang realitas virtual (VR), mesin hologram, robot dan layar sentuh. Teknologi ini bisa dipakai untuk membayar tagihan utilitas dan biaya lainnya.

Kantor cabang dibuka pekan lalu di distrik Huangpu di Shanghai tengah dan disebut-sebut sebagai bank 'tak berawak' pertama di China. China Construction Bank yang berbasis di Beijing mengatakan, teknologi tinggi di bank dimaksudkan untuk membuat perbankan lebih nyaman, personal dan efisien.

Ini juga mencerminkan meningkatnya persaingan dari sistem pembayaran tanpa uang tunai.

Robot bisa mengucapkan salam kepada pelanggan di bagian depan dan menjawab pertanyaan menggunakan software pengenal suara. Klien bisa menggeser kartu identifikasi nasional untuk bisa masuk ke bank atau memindai wajah mereka memakai perangkat pengenal wajah.

Mesin yang ada di dalam memungkinkan pengunjung untuk membeli emas, mengganti mata uang, atau mencari investasi real estate menggunakan kacamata virtual reality.

Baca juga: Kisah Pendiri Oculus VR yang Populerkan Teknologi Virtual Reality

Bank tidak benar-benar tanpa penjaga manusia. Petugas keamanan tetap berjaga dan sebuah ruangan dilengkapi dengan perangkat lunak teleconference yang memungkinkan klien VIP untuk meminta bantuan dari kayawan manusia yang berbasis di tempat lain.

Baca juga: Canggih! Peneliti Kembangkan Sistem VR Pengendali Robot Jarak Jauh

Berita tentang bank bermodel baru itu menyebar dengan cepat secara online dan menarik banyak pengamat yang ingin tahu. Tian Ting, seorang pekerja keuangan, mengatakan bahwa dia terkesan setelah berkeliling kantor cabang pada suatu Jumat pagi.

"Hari-hari belakangan ini, orang-orang cenderung tidak ingin orang lain datang dan mengganggu mereka. Kami berharap untuk datang ke bank tempat kami dapat berinteraksi dengan mesin," kata Tian.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini