6 Fakta Sains Seputar Tubuh Manusia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 23 April 2018 15:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 04 23 56 1890336 6-fakta-sains-seputar-tubuh-manusia-C9ZJO9uVpS.jpg (Foto: Unyp)

JAKARTA - Manusia merupakan makhluk hidup yang diberikan kecerdasan akal ketimbang hewan. Terdapat beberapa fakta sains seputar tubuh manusia, seperti diungkap dalam buku 'Kisah 1001 Fakta Sains Tersuper di Dunia'.

Detak Jantung

Jantung manusia berdetak sekira 100 ribu kali sehari, 36,5 juta kali setahun dan lebih dari jutaan kali jika hidup lebih dari 30 tahun.

Manusia Butuh Zat Besi

Badan manusia membutuhkan zat besi untuk membantu menjalankan beberapa fungsi penting. Zat besi membantu membawa oksigen ke bagian-bagian tubuh dalam bentuk hemoglobin.

Baca juga: Organ Tubuh Ini Tersembunyi dalam Sistem Pencernaan Manusia

Gerakan Cepat Mata saat Tidur

Manusia memiliki tingkat tidur yang menunjukkan pergerakan mata yang cepat (Rapid Eye Movement) atau biasa disebut REM. Tidur REM adalah sekira 25 persen dari jumlah waktu tidur dan biasanya ketika manusia sedang bermimpi dengan jelas.

Baca juga: 5 Fakta Unik Tentang Darah Manusia

Otak

Bagian Kiri badan manusia dikontrol oleh sisi kanan otak, sementara yang sebelah kanan dikontrol oleh bagian otak kiri.

Kedipan Mata

Bayi mengedipkan matanya hanya sekali atau dua kali per menit. Sementara itu, orang dewasa berkedip mata dengan rata-rata sekira 10 kali per menit.

Sel Darah

Sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sel darah merah diproduksi dalam tulang sumsum. Sel darah merah berperan penting membawa darah ke seluruh tubuh manusia.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini