nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditonton 48 Juta Kali, Video Tertua YouTube Kini Berusia 13 Tahun

Nur Chandra Laksana, Jurnalis · Selasa 24 April 2018 18:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 04 24 326 1890925 ditonton-48-juta-kali-video-tertua-youtube-kini-berusia-13-tahun-4CTN1CoO1u.png Ilustrasi YouTube (Sumber : The Verge)

JAKARTA - Video  pertama yang diunggah ke YouTube kini sudah berusia 13 tahun. Ini berarti YouTube sudah masuk ke dalam fase remaja, di mana merupakan masa-masa terbaik untuk manusia.

Video pertama yang diunggah ke YouTube merupakan sebuah video dengan durasi 18 detik. Di dalam video tersebut, sang pengunggah video yakni jawed terlihat sedang berada di sebuah kebun binatang.

Selain itu, di dalam video berjudul ‘Me at the Zoo’ ini hanya berbicara mengenai gajah. Dia berbicara mengenai bagaimana gajah memiliki sebuah belalai yang panjang.

Baca Juga : YouTube Diserang Peretas, Video Despacito Hilang Ditelan Bumi

“Mereka memiliki belalai yang benar-benar sangat panjang. Dan itu keren,” ujar Jared dalam video tersebut, seperti dikutip dari laman The Verge, Selasa (24/4/2018).

Video YouTube Tertua

Uniknya, unggahan ini telah ditonton oleh 48 juta pemirsa. Jumlah ini cenderung sedikit jika dibandingkan dengan umurnya yang sudah lebih dari satu dekade tersebut.

Namun, sebenarnya siapa sosok Jared dalam video tersebut? Ternyata, pria tersebut adalah co-founder YouTube Jawed Karim. Dia merekam dan mengunggah video tersebut sebagai percobaan.

Baca Juga : Hilang 40 Tahun, Pria di India Ditemukan Berkat Video Youtube

Kala itu, yakni tepat pada 23 April 2005, YouTube masih dimiliki oleh Karim dan dua orang lain yakni Chad Hurley dan Steve Chen. Ketiganya secara resmi meluncurkan situs tersebut pada Februari pada tahun yang sama.

Melihat keunikan dari situs tersebut, akhirnya Google membeli YouTube dari ketiga orang tersebut pada 2006. Google menawarkan mahar sekira Rp22,9 triliun, serta memberikan ketiga pendirinya saham di YouTube.

Sekarang, YouTube menjadi salah satu situs berbagi video kenamaan di dunia. Tak kurang jutaan orang mengakses situs ini setiap harinya. (chn)


(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini