2 Indera Manusia Menjadi Kunci Pintu Ilmu Menurut Alquran

Mufrod, Jurnalis · Rabu 02 Mei 2018 06:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 01 56 1893353 2-indera-manusia-menjadi-kunci-pintu-ilmu-menurut-alquran-yMsvhrDZGv.jpg Indera pendengaran (Foto: Health Tap)

JAKARTA - Sebagai makhluk paling sempurna, manusia diberikan kelebihan salah satunya organ indra yang terdapat pada tubuh. Diantara indera tersebut terdapat dua perangkat yang menurut Alquran menjadi kunci bagi masuknya ilmu bagi diri manusia itu sendiri.

Ilmu sejatinya bisa diserap melalui indera pendengaran, beberapa ayat Alquran telah menguatkan bahwa indera kuping bisa digunakan untuk mendengar seruan atau peringatan baik terhadap bahaya maupun mendengarkan sesuatu hal yang baik.

Pada surat Al-Haqqah ayat 11 hingga 12, telah ditekankan tentang kedahsyatan Nabi Nuh yang membuat perahu besar sebelum datangnya musibah banjir yang sangat besar. Dalam ayat tersebut diterangkan seruan bagi kalian umat masuk ke dalam bahtera. Peristiwa tersebut merupakan pelajaran bagi manusia yang mau mendengarkan masuk bahtera dan selamat.

"Sesungguhnya kami, tatkala air telah naik (sampai gunung) kami bawa (nenek moyang) kamu ke dalam bahtera, agar kami jadikan peristiwa itu peringatan bagi kamu dan agar diperhatikan oleh telinga yang mau mendengar," (Al-Haqqah: 11-12)

Indera kedua yang menjadi kunci masuknya ilmu bagi manusia yakni mata. Melalui penghlihatan segala macam ilmu bisa dengan cepat diserap oleh manusia. Karena indera penglihatan lebih tinggi tingkatannya dibanding indera pendengaran karena ia merupakan sumber keyakinan (Ainul Yaqin).

Beberapa pemaparan ayat alquran yang menjelaskan bahwa hati akan tenang dengan penglihatan sehingga ia menjadi yakin. Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-Baqarah ayat 260 yang menceritakan ketiaka Nabi Ibrahim AS menyeru tuhannya agar memperlihatkan padanya bagaimana cara tuhan menghidupkan makhluk yang sudah mati. Meski Ibrahim telah yakin dengan kekuasaan Allah SWT.

Namun Ibrahim ingin melihat dengan mata kepalanya sendiri hal itu.

"Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: "Ya Tuhanku, perlihatkanlah kepadaku bagaimana Engkau menghidupkan orang-orang mati". Allah berfirman: "Belum yakinkah kamu?" Ibrahim menjawab: "Aku telah meyakinkannya, akan tetapi agar hatiku tetap mantap (dengan imanku) Allah berfirman: "(Kalau demikian) ambillah empat ekor burung, lalu cincanglah semuanya olehmu. (Allah berfirman): "Lalu letakkan diatas tiap-tiap satu bukit satu bagian dari bagian-bagian itu, kemudian panggillah mereka, niscaya mereka datang kepadamu dengan segera". Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al-Baqarah:260)

Kedua indera yakni pendengaran dan penglihatan bisa diyakini menjadi kunci pintu bagi berbagai macam ilmu yang bisa dimanfaatkan bagi manusia itu sendiri. (qlh)

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini