nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Warna Bisa Pengaruhi Perasaan Manusia, Ini Penjelasannya

Mufrod, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2018 06:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 05 02 56 1893814 benarkah-warna-bisa-pengaruhi-perasaan-manusia-ini-penjelasannya-kylwaaD5hs.jpg Warna (Foto: Berger paint)

JAKARTA - Dalam diri manusia ada yang dinamakan dengan mood positif dan negatif, kondisi itulah yang sering dinamakan dengan rasa. Peran warna juga mampu mengubah perasaan manusia secara tidak langsung.

Peran warna mampu mempengaruhi perasaan manusia juga dijelaskan dalam alquran, dimana sebuah warna mampu membuat perasaan manusia menjadi nyaman dan merasa senang. Salah satunya penjelasan surat Al-kahf ayat 31 yang berbunyi:

Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.

Penjelasan yang sama juga terdapat pada surat Al-Insan Ayat 21 yang menyebutkan:Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih.

Alquran sendiri menggambarkan pakaian ahli surga dengan warna hijau tentu saja warna hijau bagi ahli surga mengandung hikmah. Berbagai percobaan juga dilakukan untuk meneliti pengaruh warna terhadap kejiwaan seseorang.

Para ahli jiwa berhasil mengungkap satu-satunya warna yang dapat mendatangkan kebahagiaan pada diri seseorang adalah warna hijau. Inilah yang menafsirkan hikmah Allah SWT dibalik penciptaan tumbuhan, pepohonan dan hutan dengan warna hijau.

Warna hijau juga biasa digunakan para ahli bedah, untuk membuat pasiennya merasakan rileks dan kebahagian saat melihat warna tersebut.

Adapun pengaruh warna kuning disebutkan mampu mendorong sistem saraf. Oleh sebab itu rambu jalan raya sebagaian besar menggunakan warna kuning karena dinilai memiliki gelombang lebih panjang bagi manusia dibanding warna lain.

Sedangkan warna ungu bisa mendatangkan ketenangan, warna biru membawa nuansa yang luas, lapang dan dingin, sementara warna merah memberikan kehangatan.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini