Teknologi Jam yang Mampu Selamatkan Nyawa Manusia

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 02 Mei 2018 11:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 02 57 1893517 teknologi-jam-yang-mampu-selamatkan-nyawa-manusia-kCS0EsZwJE.jpg Apple Watch (Foto: Ist)

CUPERTINO - Perangkat teknologi terkini dirancang untuk memudahkan dan membantu kehidupan manusia. Salah satunya Apple Watch yang telah menyelamatkan hidup manusia.

Seperti diberitakan nyawa seorang pengacara yang juga memiliki hobi olahraga tinju bisa diselamatkan oleh fitur yang tersemat pada Apple Watch. Dimana sebelumnya orang ini dikabarkan sehat dan tidak mengalami keluhan sakit.

Namun saat sedang beristirahat, Apple Watch mendeteksi denyut jantung pria tersebut 121 denyut permenit dari denyut normal 49 bpm. Melihat keanehan itu, pria tersebut langsung menuju rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

Benar saja dari hasil pemeriksaan terdeteksi adanya empat penyumbatan empat arteri dan harus menjalankan operasi.

Kisah terbarunya, seorang remaja di Brandon, Florida, AS, Deanna Recktenwald (18), saat mengikuti ibadah Minggu di The Crossing Church tiba-tiba mendapat peringatan dari Apple Watch. Jam pintar itu menyatakan denyut jantungnya saat beristirahat setinggi 190bpm.

Pemberitahuan itu ditindaklanjuti dengan mencari bantuan medis. Ibunya, seorang perawat, bahkan tidak berhenti bertanya apakah penunjuk waktunya akurat. Dia bergegas membawa putrinya ke klinik di mana denyut jantung tinggi terkonfirmasi.

Dari klinik, Deanna dilarikan ke UGD tempat dia didiagnosis menderita penyakit ginjal kronis. Kedua ginjalnya ditemukan berfungsi pada 20%, menunjukkan bahwa transplantasi akan dibutuhkan ke depannya.

Ibu Deanna mengatakan, Apple Watch putrinya menyelamatkan hidupnya. Dia pun menulis surat kepada Apple untuk memberitahu perusahaan tentang kejadian ini.

CEO Tim Cook menanggapi dengan email dan mem-posting tweet. "Jika bukan karena (anak saya) Apple Watch mengkhawatirkan tentang detak jantungnya, kami tidak akan menemukan masalah ginjalnya. Sejujurnya saya merasa bahwa Apple Watch Anda menyelamatkan kehidupan putri saya," kata Stacey Recktenwald, ibu dari Deanna dalam sebuah surat yang dia tulis ke Apple seperti dilansir dari Phone Arena, Rabu (2/4/2018).

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini