7 Promosi Paling Dicari di Google saat Ramadan dan Idul Fitri

Inews, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 15:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 05 04 207 1894466 7-promosi-paling-dicari-di-google-saat-ramadan-dan-idul-fitri-hvsoKqJOCr.jpg ilustrasi Google (foto: Google)

JAKARTA – Ramadan menjadi bulan spesial bagi umat muslim di dunia. Selain beribadah, untuk mengisi hari-hari menjalankan puasa, banyak umat muslim Indonesia memanfaatkan untuk mencari konten keagamaan dan juga iklan promo.

Dalam sebuah riset, Google menemukan tren dan pola yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Selama Ramadan, masyarakat di Indonesia memanfaatkan teknologi untuk mencari promosi, mulai dari make-up hingga gadget.

“Keyword soal promosi mulai naik seminggu sebelum Ramadan, satu minggu Ramadan, dan tiga minggu Ramadan. Dibanding reguler biasa, pencarian promo ini naik 40 persen,” kata analis industri Google Indonesia Yudistira Adi Nugroho di kantor Google Indonesia, Jakarta.

Adapun promo yang dicari saat Ramadan, kata Yudistira, diantaranya yakni, travel, gadget, e-commerce, dan kartu kredit. Untuk penelusuran perabotan rumah tangga, terdapat peningkatan sebesar 1,68 kali lipat di Indonesia.

Sedangkan untuk pencarian untuk baju Muslim juga mengalami peningkatan sebanyak 1.7 kali lipat dibandingkan bulan biasanya. Angka ini semakin meningkat pada tiga minggu sebelum Lebaran. 

Selain topik promosi, penelusuran seputar topik Ramadan meningkat tiap tahun. Pada 2017, penelusuran topik Ramadan juga mengalami peningkatan sebanyak lebih dari 33 persen dibandingkan 2016.

Riset terbaru Google juga menemukan, aktivitas menonton video YouTube meningkat sebanyak 50 persen dibandingkan bulan biasa. Konten yang diakses oleh pengguna tidak hanya konten bernuansa religi, tapi beauty dan makanan.

Sekadar informasi, riset baru ini dilakukan oleh Google dan Asian Consumer Inteligence. Mereka mensurvei 500 responden dan mewawancarai 20 narasumber lain untuk melihat pola dan tren yang berkembang.

Berikut urutan 7 keyword yang paling dicari masyarakat Indonesia selama Ramadan:

1. Gadget 

2. Travel

3. Retail atau groceries

4. E-Commerce

5. Kartu Kredit

6. Perabotan Rumah Tangga

7. Busana Muslim

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini