nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukti Kekuatan Gravitasi Menyokong Milyaran Galaksi di Alam Semesta

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2018 09:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 05 04 56 1894327 bukti-kekuatan-gravitasi-menyokong-milyaran-galaksi-di-alam-semesta-U7JMzamE6G.jpg Susunan galaksi di semesat raya (Foto: Reuters)

JAKARTA - Para astronom mengatakan bahwa galaksi yang sudah terpantau hingga saat ini di alam semesta tercatat sekurang-kurangnya ada sekira 200 miliar. Bahkan dari tiap galaksi tersebut memiliki bentuk, ukuran massa, kecepatan rotasi pada porosnya, dan kecepatan revolusi mengelilingi jagat raya.

Dibalik banyaknya galaksi di alam jagat raya sendiri, berdasarkan fakta ilmiah, tak ada pondasi maupun tiang penyangga untuk bergantungnya milyaran galaksi tersebut. Semua berada di alam ini melalui gravitasi yang ada.

Sebelum ilmuan dan para pakar melakukan penelitian, dalam Alquran sudah lebih dulu ada penjelasannya. Melalui surat Al-Luqman ayat 10 yang berbunyi,

Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.

Allah juga berfirman dalam surat Ar-Ra'd ayat 2 yang berbunyi "Allah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat."

Kehidupan di alam semesta memang menjadi rahasia Allah melalui kekuatannya tersebut bumi dan miliaran galaksi lainnya bisa memberikan kehidupan bagi banyak makhluk tak terkecuali manusia di muka bumi ini.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini