Erosi Mengubah Gunung Menjadi Daratan

Mufrod, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 06:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 07 56 1895484 erosi-mengubah-gunung-menjadi-daratan-aXl9cKkPvJ.jpg ilustrasi erupsi gunung (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kulit bumi merupakan bagian tipis dari bumi yang disiapkan Allah sebagai tempat hidup manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan.

Beberapa penelitian ilmiah bahkan telah membuktikan pernyataan Alquran yang terdapat pada surah Al-Baqarah ayat 22 yang berbunyi "Dialah yang menjadikan Bumi sebagai hamparan bagimu,"

Surah Al-Dzariat ayat 48 juga menyatakan tentang kekuatan erosi dari gunung yang mampu  menjadi lapisan daratan bagi kulit bumi.

"Dan Bumi telah kami hamparkan maka kami sebaik-baiknya yang menghamparkan." (Surat Al-Dzariayat ayat: 48)

"Allah menjadikan bumi untukmu sebagai hamparan agar kamu dapat pergi ke sana dan ke sini di jalan yang luas." (Surat Nuh Ayat 19-20)

Dari penelitian ilmiah kulit bumi yang sebelumnya berupa bola api telah berubah menjadi lapisan padat dan keras yang memiliki permukaan yang tinggi (gunung), rendah (lembah) dan dataran.

Proses erosi pengikisan kemudian mengubah permukaan yang tinggi tersebut menjadi dataran rendah, jalan-jalan, dan berbagai macam relief lainya sehingga menjadi tempat yang layak untuk dihuni dan ditinggali oleh manusia dan binatang.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini