nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Kiriman Pesan Berantai Ada Titik Hitam Bisa Rusak Sistem Andorid

Inews, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 18:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 05 08 207 1895895 hati-hati-kiriman-pesan-berantai-ada-titik-hitam-bisa-rusak-sistem-andorid-EPdl3i9eeV.jpg Aplikasi whatsapp (Foto: Ist)

MENLO PARK - Belakangan ini ramai kiriman pesan berantai yang berisi titik hitam berukuran cukup besar. Titik hitam yang disebut black dot akan membuat aplikasi whatsapp menjadi crash atau seperti freeze dimana pengguna tak bisa melakukan apapun.

Namun perlu diketahui, seperti dikutip dari Slash Gears, black dot ini rupanya tak hanya bisa membuat whatsapp crash, namun bisa brimbas pada rusaknya perangkat android pada ponsel.

Bom pesan semacam ini sebenarnya bukan hal baru dan tidak terbatas pada Android saja. iMessage bahkan tidak kebal terhadap bug yang bisa membuat aplikasi crash ini.

Seperti bom pesan lainnya, pesan ini melibatkan mengirim pesan yang dibuat khusus dengan simbol tersembunyi. Dengan mengetuk sebagian teks, pada dasarnya akan membuat aplikasi memperluas simbol tersembunyi dan berpotensi membebani aplikasi dan bahkan OS.

Tampaknya ada dua varian pesan WhatsApp yang diteruskan itu. Satu melibatkan black dot dengan peringatan yang terjadi setelah mengetuknya. Sedangkan versi lainnya, tidak datang dengan peringatan.

Dalam kedua kasus itu, pesan menyertakan karakter khusus yang tidak ditampilkan secara jelas. Tapi digunakan untuk mengubah perilaku teks.

Jumlah simbol yang berlebih tidak terlihat menyebabkan WhatsApp freeze. Parahnya, teks ini bisa menyebabkan Android atau WhatsApp di iOS membeku. Sejauh ini, WhatsApp belum melakukan apa-apa terkait dengan bug mengganggu tersebut.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini